Loading

Musim Tanam Tiba, Masyarakat Desa Sukadana Guyub Ikuti Ruatan Bumi


Penulis: Mala/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1119 kali


Masyarakat berjoget bersama dalam acara Ruatan Bumi yang digelar Pemerintah Desa Sukadana, Kecamatan Compreng, Subang. (Foto: Mala)

SUBANG, Medikomonline.com – Pemerintah Desa Sukadana, Kecamatan Compreng, Subang menggelar Hari Krida Pertanian atau lebih populer di kalangan petani Ruatan Bumi, Minggu (26/10/2019).


Ruatan Bumi merupakan pesta rayat tahunan dalam rangka kearifan lokal. Dalam acara tersebut hadir Camat Compreng Asep Rudi, Danramil Compreng diwakili Babinsa, Babinmas dan masyarakat Sukadana.


Ruatan bumi ini merupakan adat istiadat yang selalu dilestarikan oleh petani, terutama ketika musim tanam tiba. “Alhamdulilah untuk pesta ruatan bumi ini Desa Sukadana masih tetap guyub untuk melestarikan budaya kearifan lokal, ini merupakan adat istiadat yang selalau dijaga kelestariannya ketika musim tanam tiba,” kata Kepala Desa Sukadana Darwin
.


Menurutnya, mudah-mudahan pada musim tanam rendeng ini, para petani bisa lebih meningkatkan pendapatanya.


Selain itu, menurut Camat Compreng Asep Rudi, tujuan diadakanya Ruatan Bumi ini atau istilah lain Panca Krida Pertanian bertujuan untuk yang pertama rasa syukur nikmat kepada Allah atas hasil panen.


“Kemudian yang kedua membina melestarikan kebudayaan secara adat istiadat, dan yang ketiga meningkatkan tali silaturahmi antara warga dengan warga dalam sebuah kekompakan yang melalui sebuah pertanian. Ruatan ini pada intinya merawat, merawat hubungan manusia dengan manusia serta merawat alam yang ada di sekitar lingkungan kita,” tegas Camat. 

Tag : No Tag

Berita Terkait