Loading

Kades Cidokom Realisasikan Pembangunan Betonisasi Jalan Dari Samisade Sesuai Program


Reporter: Gani
6 Bulan lalu, Dibaca : 278 kali


Betonisasi jalan desa dari Samisade RT 003/004 Desa Cidokom.

BOGOR, Medikomonline –Anggaran dana satu milyar satu desa (Samisade) dari program Pemerintah Kabupaten Bogor berupa bantuan keuangan infrastruktur desa yang diproyeksikan untuk mendorong peningkatan ekonomi desa tahun 2023 ditahap pertama, sekitar enam puluh persen (60%) sudah diterima dan sudah mulai direalisasikan oleh beberapa desa di wilayah Kabupaten Bogor.

Salah satunya yang telah terserap dan sudah selesai tahap l direalisasikan kegiatan pekerjaannya oleh Desa Cidokom Kecamatan Gunungsindur, dengan pelaksanaan betonisasi jalan secara manual dan dikerjakan oleh masyarakat setempat atau secara padat karya tunai.

Kepala Desa Cidokom Sain Saputra SE saat ditemui dikantornya Jum'at (22/09/2023) menyatakan, bahwa dari dana Samisade dikelola kegiatan pekerjaan didesanya sebanyak 4 titik. Diantara di RW 01 ada kegiatan 2 titik, di RW 02 ada 1 titik dan di RW 04 ada 1 titik. Sehingga pelaksanaan dana samisade dari Desa Cidokom terserap 60% tahap  pertama. Dengan pekerjaan dilakukan masyarakat sebanyak 25 orang padat karya tunai.

Di antaranya betonisasi jalan lingkungan tahap pertama di RT 003/001 senilai Rp 159.307.740,- betonisasi jalan lingkungan tahap pertama RT 002/001 senilai Rp 144.136.440,- betonisasi dijalan lingkungan tahap pertama RT 003/002 senilai Rp 122.799.300,- betonisasi jalan desa tahap pertama RT 003/004 senilai Rp 173.756.520,- jelasnya.

Lebih jauh dirinya, mengatakan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas program ini kepada pemerintah Kabupaten Bogor, karena dengan program samisade yang digelontorkan  sangat membantu percepatan pembangunan infrastruktur Desa khususnya didesa Cidokom ditahun ketiga ini.

"Alhamdulilah, ditahun ke 3 ini program Samisade didesa Cidokom dari satu milyar anggaran yang diberikan oleh pemeritah Kabupaten Bogor sudah dialokasikan untuk 4 titik betonisasi jalan, mudah-mudahaan untuk pembangunan lanjutan tahap ll (kedua) ditahun 2023 ini hingga 100% dapat terpenuhi sesuai rencana".

Menurutnya, dengan adanya anggaran dana Samisade ini pembangunan di wilayah pedesaan merasa sangat terbantu sekali, mengingat pembangunan di pedesaan ini belum bisa terkaver sepenuhnya oleh anggaran-anggaran yang lainnya. “Karena masih sangat banyak sekali pembangunan yang harus dibangun demi mensejahterakan masyarakat,” ujarnya

Dirinya Menambahkan dengan adanya pembangunan jalan desa yang merupakan bantuan keuangan desa dari program Bupati Bogor, sangat bermanfaat bagi warga. tujuannya ialah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan kemajuan desa.

"Kami atas nama pemerintah desa (pemdes) Cidokom Kecamatan Gunungsindur mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Bogor yang telah meluncurkan program Samisade untuk desa, Khususnya di desa kami, tentunya dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk akses perekonomian masyarakat di desa dan saya juga berharap agar program Samisade ini berjalan terus dari tahun ke tahun agar pembangunan infrastruktur di desa dapat terbantu". Tutupnya. (Gani) 

Tag : No Tag

Berita Terkait