Loading

Ruwatan Bumi Desa Simpar Meriah


Penulis: Mala/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1103 kali


Aparat keamanan dari TNI dan Polri menghadiri kegiatan ruwatan bumi yang dipusatkan di lapangan Desa Simpar.

SUBANG, Medikomonline.com - Ribuan masyarakat Desa Simpar merayakan acara syukuran ruwatan bumi. Ruwatan bumi merupakan tradisi upacara adat masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen pertanian yang melimpah.


Dengan diadakannya ruwatan bumi ini, salah satunya  masyarakat bisa berkumpul dan bersilaturahmi. Acara ruwatan diantaranya istigosah, doa bersama, pawai atau arak-arakan keliling kampung dan acara puncak hiburan sandiwara dari Indramayu.


Kegiatan dipusatkan di lapangan Desa Simpar, Sabtu (16/11/2019) dan dihadiri Asda I, Camat Cipunagara, Kanit Bimas Polsek Pagaden, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, serta masyarakat setempat.


Kepala Desa Simpar Kecamatan Cipunagara H Saepudin, mengaku bersyukur atas berlangsungnya kegiatan ruwatan bumi yang bertujuan mempererat silaturahmi antara pemerintahan desa dengan masyarakat.

“Tujuannya untuk kebersamaan dan selain itu juga dalam hal ini para petani juga memberikan sedikit hartanya untuk kegiatan ini tiada lain tujuannya untuk berbagi,” ujar Saepudin. 

 

Camat Cipunagara Ubay Subarkah mengungkapkan, ruwatan bumi ini ajang melestarikan budaya yang harus dipertahankan, karena di sini konteknya adalah unsur silaturahim kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat dengan pemerintah desa dan seluruh elemen.


“Semoga harapan masyarakat sebelum turun tanam hasil pertaniannya semakin meningkat,” pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait