Loading

Menggunakan Dana Samisade TA 2023, Pemdes Tanjungsari Lakukan Betonisasi Jalan


Reporter: Gani
8 Bulan lalu, Dibaca : 262 kali


Pengecoran jalan Kampung Pangkalan.

BOGOR, medikomonline – Dalam meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian di Desa Tanjungsari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungsari menggenjot pembangunan infrastruktur di setiap pelosok.

Salah satunya adalah merealisasikan program unggulan Pemda Kabupaten Bogor yaitu Samisade (satu miliar satu desa). Seperti yang terlihat di desa Tanjungsari dalam kegiatan pengecoran yang sedang dilaksanakan memakai dana samisade tahap l (satu). Berupa kegiatan pembangunan betonisasi jalan desa dengan menggunakan cor ready mik.

Kepala Desa Tanjungsari Herman saat ditemui Kamis, (14/09/23) mengatakan, Program Samisade tahap 1 Desa Tanjungsari tahun 2023 ini, posisi letaknya berada di lingkungan dua RW. Tepatnya di jalan Kampung Pangkalan dengan panjang pengecoran 400 meter lebar 3 meter ketebalan 8 cm, dengan menggunakan mutu cor ready mix K 250. Dengan nilai anggaran kegiatan Rp 400.000.000.

Lebih jauh dirinya mengatakan, pengecoran jalan ini bertujuan agar nantinya berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga baik itu untuk pertanian serta, memperlancar aktivitas warga dan antar desa. Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab, akses jalan menjadi faktor penting dalam distribusi hasil kerja masyarakat dan menjadi urat nadi perekonomian.

Karena menurutnya, segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya yakni akses jalan. Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga desa Tanjungsari dan masyarakat pada umumnya. Dengan adanya program Samisade nantinya diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Program Samisade Desa Tanjungsari tahun 2023 ini, yaitu tahap 1 akan dilaksanakan di bebera titik, yang terbagi beberapa jenis pekerjaan seperti jalan lingkungan dan TPT, sedangkan untuk tenaga kerja yang dipakai mayoritas dikerjakan oleh warga sekitar," jelaanya.

Herman juga berharap dengan dibangunnya jalan sepanjang 400 m yang menggunakan anggaran dana Samisade tersebut, masyarakat dapat menggunakan dan menjaganya agar jalan tersebut awet dan tahan lama.

“Kita juga sampaikan terimaksih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor atas program Samisade ini, tentunya yang kami rasakan manfaatnya luar biasa. Dengan semangat panca karsa, ini bisa diwujudkan melalui program Samisade,” tandasnya. (Gani)

Tag : No Tag

Berita Terkait