Loading

Optimalkan Kader Posyandu, Pemdes Cibarusah Kota Gelar Bimtek


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 660 kali


Foto bersama Kades Cibarusah Kota dan istri, yang didampingi narasumber, Ketua Koordinator Kader Posyandu, dan 125 Kader Posyandu Desa Cibarusah Kota. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Untuk mengoptimalkan peran Kader Posyandu agar meningkatnya kinerja dalam pelayanan kesehatan terhadap warga, Pemerintah Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), yang dilaksanakan di Rumah Makan Tiara, Kampung Warung Bambu Desa Sindangmulya, Jum'at (24/12/2021). 

Ketua Koordinator Kader Posyandu Desa Cibarusah Kota sebagai Ketua Forum Posyandu Kecamatan Cibarusah Saroh mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang pelayanan kesehatan di posyandu masing-masing. Sehingga pelayanannya menjadi lebih baik sesuai dengan program pemerintah. Baik gizi dan kesehatan ibu dan anak, bahkan untuk menurunkan angka Stunting. Dan untuk strata posyandu dari Pratama, Madya, Purnama dan Mandiri, agar meningkat menjadi posyandu multifungsi, baik BKB, BKL, BKR, pendidikan Paud, dan daya beli masyarakat.

"Yang penting dikegiatan ini kader menjadi lebih aktif, kreatif dan lebih baik, sebagai kader jangan malas, harus bersatu dan terjaga dalam silaturahmi, baik suka maupun duka," papar Saroh kepada Medikomonline.com, Jum'at (24/12/2021).

Kepala Desa Cibarusah Kota Iwan Setiawan menegaskan, bangga dengan kader posyandu yang semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan. Ia berharap kepada kader yang nanti disampaikan oleh narasumber, ambil ilmunya, paparkan dilapangan bagaimana cara melayani kesehatan yang baik dan benar. 

"Insya Alloh uang insentif buat kader posyandu ditambah, bahkan nanti akan diberikan seragam sebagai ciri khas Kader Posyandu Cibarusah Kota,' tandasnya.

Dirinya pun, mengapresiasi terhadap kader, yang tetap memiliki jiwa semangat luar biasa. Tapi Kader tetap melayani warga khususnya dibidang kesehatan. Mudahan-mudahan apa yang dilakukan oleh kader posyandu bisa mencegah berbagai penyakit termasuk Stunting.

"Maka momen ini harus benar-benar dimanfaatkan," harap Iwan.

Sementara itu Kasi PMD Kecamatan Cibarusah Wawan memaparkan, kader posyandu harus terus menerus memberikan informasi tentang Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga masyarakat yang berkunjung ke Posyandu, sekaligus informasi 5M agar masyarakat saling menjaga terhadap penyebaran virus korona. 

"Yang penting kader posyandu dapat memanfaatkan Bimtek ini, untuk meningkatkan kapasitas kinerja kader posyandu, dalam melaksanakan tugasnya yakni pelayanan kesehatan terhadap warga," tutupnya. 

Perlu diketahui Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut diikuti oleh 125 Kader dari 25 Posyandu, Kades Cibarusah Kota, Ketua TP PKK Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

 



Tag : No Tag

Berita Terkait