Loading

Agar Optimal Tugas dan Fungsi BPD, Forum BPD Gelar Bimtek Anggota BPD Se Kecamatan Ciksel


Agus
5 Bulan lalu, Dibaca : 191 kali


AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto: rangkaian kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas BPD se Kecamatan Cikarang Selatan, yang dilaksanakan di Sariater Subang selama tiga hari dari tanggal 7 sampai 9 Nopember 2

SUBANG, Medikomonline.com - Agar optimal dalam menjalankan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Forum BPD Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas anggota BPD se Kecamatan Cikarang Selatan. Yang diikuti 70 Anggota BPD dan diadakan di Sariater Subang dari tanggal 7 sampai 9 Nopember 2023, yang dibuka langsung oleh Camat Cikarang Selatan Muhammad Said, Selasa (7/11/2023). Pemateri atau narasumber yang hadir diantaranya dari Dinas PMD yang di sampaikan langsung oleh Kepala Dinas PMD Rahmat Atong, Kemendes, Forum BPD Kabupaten Bekasi, dan dari Praktisi Hukum.

Ketua Forum BPD Kecamatan Cikarang Selatan H Bakar Karta Dinata mengatakan, di tahun 2023 ini pelaksana kegiatan Bimtek anggota BPD Kecamatan Cikarang Selatan dilaksanakan oleh EO atau pihak ketiga sesuai arahan dari dinas PMD. Kegiatan tersebut di ikuti 70 anggota dan staf BPD dari 7 desa di cikarang selatan. Bimtek peningkatan kapasitas BPD ini mengambil tema  "Optimalisasi Tugas dan Fungsi BPD untuk Mencapai Desa yang Maju dan Sejahtera".

"Maka setiap anggota BPD harus tetap kerja optimal, jangan kendor dan harus  terus mengupdate regulasi, agar semakin optimal peran BPD dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsinya, termasuk aktif membangun komunikasi baik antar BPD, Pemdes, lembaga dan dengan warga, serta instansi lainnya di sisa masa jabatan yang akan berakhir Juli 2024," papar H Bakar kepada awak media, pada Selasa (7/11/2023).

Lanjut Ketua Forum BPD, bahwa saat ini menjelang tahun politik 2024 maka baik sebagai tokoh dimasyarakat maupun bagian dari penyelenggara pemerintahan desa maka BPD harus aktif menciptakan suasana yang sejuk di masyarakat agar tercipta pemilu yang lancar dan damai meski berbeda pilihan.

"Ingat setelah Bimtek, silaturahmi harus senantiasa terjaga,  jangan sampai menurun semangatnya, BPD Ok, BPD Kompak, BPD Berwibawa," tandasnya.

Camat Cikarang Selatan Muhammad Said, yang sekaligus membuka langsung acara Bimtek dan dalam sambutannya menegaskan, agar BPD sebagai mitra pemdes dan kepala desa bisa terus berperan aktif memberikan kontribusi bagi pembangunan desa, dari mulai penjaringan aspirasi dari masyarakat, penyusunan program kerja, pelaksanaan kegiatan di desa, hingga pengawasan.

"Dengan lebih memanfaatkan teknologi kekinian yakni digitalisasi, tentunya agar BPD semakin meningkat pengetahuannya terutama tentang regulasi, dan BPD pun harus berperan aktif dalam pemilu yang akan di gelar tahun 2024, ajak masyarakat agar tidak golput, hingga pemilu damai, aman, lancar dan sukses," ucapnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait