Loading

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan Jadi Pembina Upacara di SMPN 1 Tanjungsari


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1393 kali


Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan

SUMEDANG, Medikomonline - Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menjadi Pembina Upacara di SMPN 1 Tanjungsari, Senin (13/1/2020 ).

Wabup Erwan Setiawan di hadapan para siswa siswi menyampaikan, siswa dituntut mampu  mengikuti setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Siswa juga harus dibekali pendidikan akhlaq sebagai dasar pendidikan  sehingga tercipta  sinkronisasi antara kualitas pikir dengan kualitas moral.

"Kalau kita pintar, ditunjang akhlaq dan moral yang baik, insyaallah  akan menjadi pemimpin bangsa ini ke depan. Untuk itu, saya berpesan kepada para pendidik, kedepankan akhlaq dan moral anak-anak didik kita, baru pendidikan lainnya mengikuti. Kalau akhlaq dan moral sudah baik maka pendidikan akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Wabup Erwan mengatakan, "Dalam bidang pendidikan, sejalan dengan Visi Sumedang Simpati, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang telah memberlakukan Program Wajib Diniyah 4 tahun untuk siswa SD se-Kabupaten Sumedang.

Ia menyampaikan, program tersebut merupakan pendidikan tambahan di luar jam sekolah formal sebagai upaya untuk membangun akhlaq para anak-anak (siswa) dan menjadi syarat wajib bagi para peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP.

"Anak-anak SD di Kabupaten Sumedang harus mengikuti Wajib Diniyah 4 tahun. Dari pagi sampai siang sekolah formal, ashar dan maghrib mereka wajib mengikuti pendidikan agama. Program ini perlu diterapkan, salah satunya untuk mengganti pelajaran etiket," jelas Wabup.

Kaitan dengan kunjungannya, Wabup mengatakan, selain silaturahmi, kehadirannya ingin memantau secara langsung kondisi di SMPN 1 Tanjungsari terkait sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Ia pun mengharapkan, melalui perbaikan sarana dan prasaraan tersebut akan lebih meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 1 Tanjungsari. "Kehadiran saya harus ada manfaatnya tidak hanya sebagai pembina upacara saja. Mudah-mudahan mutu SMPN 1 Tanjungsari semakin baik dan semakin meningkat," ungkapnya.

Terakhir ia pun mengajak para siswa untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah demi terciptanya  lingkungan yang sehat dan nyaman sehingga membantu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

"Mari kita jaga keasrian lingkungan SMPN 1 setiap saat. Setiap pagi sebelum masuk ruang kelas, coba para siswa mungut sampah dulu. Bersih-bersih agar tetap terjaga lingkungan di lingkungan SMP Tanjungsari ini agar menjadi sekolah yang sehat nyaman dan asri," tuturnya.

Dikatakannya, kalau sekolahnya bersih, belajar akan nyaman. Tidak terganggu dengan bau sampah dan polusi. “Adik-adik pun akan menerima pelajaran dengan nyaman,” kata Erwan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin, Forkopimcam Tanjungsari,  Kepala Sekolah, para guru dan siswa SMPN 1 Tanjungsari.

Tag : No Tag

Berita Terkait