Loading

Bupati Cianjur Apresiasi Petani Bunga Krisan


Penulis: Mbayak Ginting
11 Hari lalu, Dibaca : 75 kali


Pjs Bupati Cianjur H Dudi Sudradjat Abdurachim (kiri) meninjau panen Bunga Krisan di Kelompok Tani Rosalina Bunga Krisan, di Kampung Haregeum, Desa Galudra, Kecamatan Cugeunang, Kabupaten Cianjur. (Fo

CIANJUR, Medikomonline.com - Pjs Bupati Cianjur H Dudi Sudradjat Abdurachim memberikan apresiasi kepada petani Bunga Krisan saat meninjau Panen Bunga Krisan di Kelompok Tani Rosalina Bunga Krisan, di Kampung Haregeum, Desa Galudra, Kecamatan Cugeunang, Kabupaten Cianjur, Jum’at (13/11/2020).

“Saya mengapresiasi H Aang selaku petani Bunga Krisan yang berada di Kampung Haregeum Desa Galudra Kecamatan Cugeunang yang senantiasa exsis menanam bunga krisan yang tentunya membuat Cianjur harum,” kata Dudi Sudradjat Abdurachim saat meninjau Panen Bunga Krisan kelompok Tani Rosalina Bunga Krisan.

Lanjutnya Dudi Sudradjat menjelaskan, Cianjur adalah yang paling besar penyuplai bunga potong untuk kebutuhan kota-kota besar seperti Jakarta, Bali dan kota lainnya. “Di antara daerah penyuplai bunga terbesar di Jawa Barat adalah yang pertama Cianjur, kedua Bandung Barat dan Sukabumi serta yang lainnya,” kata Dudi.

Lanjutnya Pjs Bupati menjelaskan, dengan penanaman bunga itu bisa banyak mempekerjakan orang sekitar sehingga ada pendapatan serta meningkatkan perekonomian khususnya di Desa Galudra.

“Melalui dinas pertanian Kabupaten Cianjur, kegiatan seperti ini harus dibantu dari sisi teknologi penanaman, inovasi, terlebih Cianjur juga mempunyai Balai Tanaman Hias yang terletak di segunung Desa Ciherang untuk menjadikan bunga-bunga itu lebih inovatif dan modern” pungkas Dudi.

Sementara itu H Aang (45), petani Bunga Krisan menjelaskan, dirinya mengawali bisnis bunga sejak tahun 2005. “Bahkan sebelumnya juga telah menjadi petani bunga mawar. Seiring waktu berjalan dan sesuai banyak permintaan pasar yaitu Bunga Krisan, maka sampai saat ini yang digeluti adalah Bunga Krisan,” kata Aang.

“Alhamdulillah dengan menggeluti Bunga Krisan ini saya bisa menjual ke beberapa kota besar seperti Kota Jakarta, Bandung bahkan lintas provinsi seperti Bali, Bengkulu,Aceh serta daerah yang lainnya,” ungkap Aang.

Pjs Bupati dalam kunjungannya itu didampingi istri beserta Kadis Pertanian Kabupaten Cianjur H Mamad Nano. Selain meninjau panen Bunga Krisan milik H Aang, juga mengunjungi toko tani sayuran H Jajang di Kampung Haregeum Desa Galudra Kecamatan Cugeunang.

Tag : No Tag

Berita Terkait