Loading

Pemkab Ciamis Mendapat Penghargaan dari Kanwil Kemenkumham


Penulis: Herz_Cms.
10 Bulan lalu, Dibaca : 190 kali


Kanwil Kemenkumham memberikan penghargaan kepada pemerintah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Pangadaran

BANDUNG, MedikomonlinePemerintah Kabupaten Ciamis mendapatkan penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Senin (29/05/2023). Penghargaan diterima bersama kabupaten/kota lainnya, yakni pemerintah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Pangadaran sebagai kabupaten kota tercepat 1, 2, dan 3 dalam mengirimkan data dan penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKP HAM).

Sebagaimana diketahui, Kanwil Kemenkumham bersama seluruh Kabupaten Kota se Jawa Barat melaksanakan Pengiriman Data dan Dokumen Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM serta Pemantauan dan Evaluasi Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023 di ruang Sanggabuana Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (Senin, 29/05/2023).

Kolaborasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) dengan 27 Kabupaten Kota se Jawa Barat telah berhasil meng upload/mengirimkan data dukung dan Dokumen Penilaian Kabupaten Kota Peduli HAM 100% dari seluruh Kabupaten Kota se Jawa Barat.

Kepala Bidang Hak Asasi Manusia, Hasbullah menjelaskan Penilaian KKPHAM di tahun 2023 ini adalah capaian kinerja pemerintah pada tahun sebelumnya yakni Januari - Desember 2022 yang memenuhi 10 Indikator Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM dengan 120 pertanyaan. Semua data dukung yang terkumpul telah diverifikasi terlebih dahulu oleh verifikator dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sebelum diinput dalam aplikasi KKPHAM sebagai bentuk keterbukaan dan komitmen sinergisitas Pemerintah daerah dengan Instansi Vertikal Pemerintah yakni Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka P5HAM".

Kanwil Kemenkumham bersama seluruh Kabupaten Kota se Jawa Barat melaksanakan Pengiriman Data dan Dokumen Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM serta Pemantauan dan Evaluasi Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023 di ruang Sanggabuana Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (Senin, 29/05/2023). Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Kepala Kakanwil Kemenkumham Jabar R. Andika Dwi Prasetya dan Kadivyankumham Andi Taletting Langi.

Koordinasi dengan Pemprov Jabar ini dilaksanakan oleh Kepala Bidang HAM Hasbullah Fudail dan Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM Yuniarti Kurniasari beserta staf Bidang HAM. Kepada Biro Hukum dan HAM Pemprov Jabar, Hasbullah menyampaikan bahwa pelaksanaan Kabupaten/Kota Peduli HAM di tahun 2023 lebih spesial karena lebih transparan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hasbullah juga menginformasikan bahwa 25 dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat telah melaksanakan pengiriman Data dan Dokumen Penilaian KPP HAM tahun 2023.

Hasbullah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Biro Hukm dan HAM Setda Provinsi Jawa Barat atas dukungan kolaborasinya dengan berbagai program di Kemenkumham. Selain itu kerja sama dari  seluruh Bagian Hukum Setda Kabupaten Kota se Jawa Barat karena untuk pertama kalinya dalam sejarah seluruh kabupaten kota di Jawa Barat behasil mengirimkan data dukung dan penilaian KKP HAM sebelum batas akhir pengiriman data 31 Mei 2023.

Dalam pelaksanaan Kabupaten/Kota Peduli HAM pada tahun ini Kanwil Jabar menargetkan agar minimal setengah dari seluruh Kabupaten Kota di Jawa Barat berhasil mendapatkan penghargaan KPP HAM tahun 2023. Selain itu juga diharapkannya kehadiran pimpinan dan staf Biro Hukum Pemprov Jabar untuk berdialog bersama dengan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia.

 

 


Tag : No Tag

Berita Terkait