Loading

Sumedang Mendulang Prestasi Pada Kontes Ternak Dan Expo Pangan Tingkat Jawa Barat


Penulis: Nanang
1 Bulan lalu, Dibaca : 215 kali


Plt. Sekretaris Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Sumedang Ir. Yosep Susandi Ruhiat ,MP.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Tiga hewan ternak genetik Jabar,  sapi,domba,hingga ayam dengan kondisi fisik sehat dan penampilan cantik beradu secara sportif  pada Kontes  Ternak  dan Ekspo Pangan 2024.

Pada kontes tersebut di selenggarakan dua hari berlangsung mulai tanggal 24 sampai dengan 25  di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (25/7/2024).

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin bahkan hadir langsung menengok ayam, sapi, hingga domba garut yang dikontekskan. Ia menyebut ada dampak positif dari kegiatan tersebut.

Dari kontes ini, ternyata sangat berdampak sangat meriah dari segala kalangan masyarakat, sangat tinggi dan dorongan terutama mereka yang sudah menang kontes

Dari situ, timbul dorongan bahwa Provinsi Jawa Barat mampu swasembada pangan. Hal itu nyata sebab dalam kontes dan ekspo itu, membuktikan bahwa Jawa Barat punya banyak sumber peternakan dan pertanian. Terlihat dari stand-stand bahan baku sayuran hingga hasil bumi lainnya dari tanah Lembang.

Ketiga hewan ternak bibit asli Jawa Barat ini yakni Sapi Pasundan, Domba Garut dan Ayam Sentul. Di Kontes ternak dan ekspo pangan ditampilkan pada Kontes  Ternak  dan Ekspo Pangan 2024 di Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Sumedang Raih Juara : Jura 1 Petet Domba Garut, Juara 2 Ratu Bibit Domba Garut, Juara 2  Pejantan Ayam Sentul dan Juara Harapan 1 Sapi Perah

Menurut Plt. Sekretaris Dinas Perikanan dan Perternakan  Kabupaten Sumedang Ir. Yosep Susandi Ruhiat ,MP, dalam rangka peningkatan populasi ternak baik sapi potong, sapi perah, domba garut dan ayam sentul di Kabupaten Sumedang kontes ternak dan ekspo pangan yang diselenggarakan DKPP sangat penting dan strategis untuk meningkatkan gairah beternak di Kabupaten Sumedang, disampang dapat meningkatkan harga bagi ternak tersebut. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada KSU Tandangsari, HPDKI Sumedang, dan perkumlulan peternak Ayam Sentul yang sudah berpartisipasi mengirimkan konstestan ternaknya ke oven yang cukup bergengsi di Jawa Barat sehingga membawa harum nama baik Kabupaten Sumedang," kata Yosep.

"Semua prestasi tersebut tentunya berkat pembinaan dan kerjasama dinas perikanan dan peternakan Kabupaten Sumedang dengan para peternak terutama para petugas lapangan dan inseminator yang terus berupaya maksimal dalam peningkatan populasi ternak di masyarakat”, Ujarnya. (Nanang) 

Tag : No Tag

Berita Terkait