Loading

Tahun ini, 200 Orang Tenaga Kerja Asal Sumedang Disalurkan Ke Jepang


Penulis: Nanang
3 Bulan lalu, Dibaca : 116 kali


Ketua Umum IJBNet Suyoto Rais saat audensi dengan Pj Sekda Tuti Ruswati di Ruang Rapat Asda Ekbang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Kabupaten Sumedang dipilih Indonesia Japan Business Network (IJBNet) dalam Program Pengembangan SDM untuk dikirim ke Jepang. Sumedang menjadi salah satu prioritas IJBNet dalam penyaluran tenaga kerja ke Jepang.

"Salah satu yang menjadi alasan kami memilih Sumedang yaitu karena Sumedang sudah memiliki akses jalan Tol yang mempermudah akses kami dalam menyalurkan orang-orang potensial Sumedang ke Jepang," kata Ketua Umum IJBNet Suyoto Rais saat audensi dengan Pj Sekda Tuti Ruswati di Ruang Rapat Asda Ekbang, Senin (15/01/2024).

Pj Sekda Tuti Ruswati menyebutkan, Pemda Kabupaten Sumedang akan melakukan MoU dengan IJBNet terkait pengrekrutan tenaga kerja ke Jepang.

"Kerjasama dengan IJBNet diharapkan menjadi jembatan antara pelaku bisnis dan tenaga kerja, membuka peluang kolaborasi yang menguntungkan dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan daya saing serta kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Menurut Tuti, tahun 2024 Sumedang akan mengirimkan 200 orang lulusan SMK/SMA yang memiliki keahlian ke Jepang. "Kerja sama dengan Jepang ini bukan yang pertama, Pemkab Sumedang sudah melakukan kerja sama dengan Jepang dari tahun 2019. Kerja sama dengan IJBnet ini bisa lebih mengakselerasi dan mengoptimalkan jumlah tenaga kerja yang dikirimkan ke Jepang,” kata Tuti.

Ketua Umum IJBnet Suyoto Rais mengatakan, pihaknya akan banyak membantu masyarakat produktif Kabupaten Sumedang untuk dapat bekerja secara profesional di Jepang.

"Kami sengaja menggajak kerja sama dengan Sumedang karena melihat Sumedang sangat komperatif dan menyediakan orang-orang sesuai kriteria Jepang," katanya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait