Loading

Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun Makin Mantap


Penulis: IthinK
3 Tahun lalu, Dibaca : 1955 kali


Preservasi Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun dengan perkerasan aspal. (Foto: Medikomonline)

BANDUNG, Medikomonline.comDirektorat Jenderal Bina Marga - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kemantapan jalan nasional guna kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Salah satunya Ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 

Kondisi  Ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun dengan panjang 78,52 km kini semakin mantap dengan adanya preservasi jalan yang dilakukan oleh PPK 2.4 Jawa Barat – Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasioanal (Satker PJN) Wilayah II Provinsi Jawa Barat.

PPK 2.4 Jawa Barat Marnala R. Chandra ST MSc mengatakan, pihaknya melakukan upaya optimal dalam Preservasi Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun dengan perkerasan aspal di beberapa titik segmen jalan di Ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun.

“Kita harapkan dengan pengaspalan jalan Ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun akan meningkatkan tingkat kemantapan dan kenyamanan bagi pengguna jalan,” kata Chandra kepada Medikomonline di Bandung, Senin (22/03/2021).

Preservasi Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun dengan perkerasan aspal. (Foto: Medikomonline)

Selain pengaspalan jalan, tambah Chandra, dalam Preservasi Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun juga dilakukan penanganan drainase jalan. Salah satunya dengan pemasangan U-Ditch agar saluran air berjalan lancar. Penanganan drainase ini bertujuan untuk mempertahankan kemantapan jalan.

Di luar Preservasi Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun ini, ada juga kegiatan revitalisasi drainase yang dilaksanakan melalui Program Padat Karya Tunai Kementerian PUPR dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. Revitalisasi drainase ini berupa pekerjaan pasangan batu saluran drainase, dilakukan oleh masyarakat setempat dalam rangka memberdayakan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19.

Sementara berdasarkan pengamatan Medikomonline di lapangan, PT Cahaya Putra Indah selaku kontraktor pelaksana Preservasi Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun tampak mengerahkan beberapa alat berat untuk melakukan pengaspalan hotmix di beberapa segmen.  

Revitalisasi drainase yang dilaksanakan melalui Program Padat Karya Tunai Kementerian PUPR pada ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun. (Foto: Medikomonline)

Dengan adanya pengaspalan jalan di beberapa titik ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun, Asep salah seorang pengguna jalan yang ditemui Medikomonline di Argabinta Kabupaten Cianjur mengatakan, pengaspalan jalan ini akan sangat bermanfaat bagi masyaratkat. “Masyarakat pengguna jalan tentu berterima kasih kepada pemerintah yang melakukan pengaspalan jalan ini,” katanya.

Asep berharap dengan jalan yang semakin bagus, maka ekonomi masyarakat setempat juga semakin meningkat dengan ada transportasi yang lancar. 

Sebagaimana diketahui, Ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun, selain sebagai jalur transportasi masyarakat setempat, juga merupakan jalur menuju beberapa daerah objek wisata di Jawa Barat bagian selatan, seperti Pantai Jayanti di Cidaun Kabupaten Cianjur, Pantai Santolo dan Rancabuaya di Kabupaten Garut, Pantai Ujung Genteng dan Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi, Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi.

Jadi dengan makin meningkatkatnya kemantapan jalan pada Ruas Jalan Tegalbuleud-Sindang Barang-Cidaun, maka akan meningkatakan tingkat kenyamanan dan keselamatan para wisatawan yang menuju objek wisata di wilayah Jawa Barat selatan. 




Tag : No Tag

Berita Terkait