Loading

UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV Pasang 302 Unit Lampu PJU Konvensional


Penulis: IthinK
9 Bulan lalu, Dibaca : 343 kali


Berdasarkan pantuan Medikom di Ruas Jalan Cirebon/Bts. Majalengka – Cigasong Kabupaten Majalengka pada tanggal 01 Juli 2023, beberapa lampu PJU Konvensional telah dipasang di ruas jalan tersebut. (Fot

BANDUNG, Medikomonline.com - Total panjang ruas jalan provinsi di wilayah kerja UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV, Dinas Perhubungan Jawa Barat adalah 616.750 meter dengan total kebutuhan lampu penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 11.120 unit. Sementara kesediaan lampu PJU di ruas jalan provinsi UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV hanya sejumlah 4.333 unit atau 39 % dan tergolong rendah.

Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV Moch. Danny Fulton S.Hut. M.Eng. MSc menjelaskan, rendahnya ketersediaan lampu PJU tersebut diakibatkan oleh terbatasnya ketersediaan anggaran. Hal tersebut mengakibatkan tingginya permintaan akan pemenuhan lampu PJU di ruas jalan provinsi baik dari masyarakat maupun dari instansi stakeholder lainnya.

Untuk menambah ketersedian lampu PJU, pada tahun anggaran 2023 UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV melaksanakan Paket Pekerjaan Pengadaan dan Pemasangan Lampu PJU Konvensional di Ruas Jalan Provinsi UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV.

Danny Fulton mengatakan, Pengadaan dan Pemasangan Lampu PJU Konvensional di Ruas Jalan Provinsi UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV sebanyak 302 unit.

“Paket pekerjaan tersebut dilaksanakan menggunakan metode pemilihan penyedia e – purchasing dengan penyedia PT. Cahaya Perdana Utama,” kata Danny Fulton selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Paket Pekerjaan Pengadaan dan Pemasangan Lampu PJU Konvensional di Ruas Jalan Provinsi UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV kepada Medikom, Rabu (12/07/2023).

Paket pekerjaan terbut berkontrak tanggal 3 April 2023 dengan nilai Rp. 4.998.100.000,00. Waktu pelaksanaan sampai dengan tanggal 3 Juli 2023 atau 92 Hari Kalender. Masa pemeliharaan pekerjaan selama 180 Hari Kalender.

Dijelaskan Danny Fulton, dengan masih tingginya kebutuhan lampu PJU maka paket pekerjaan ini hanya akan meningkatkan persentase ketersediaan lampu PJU di ruas jalan provinsi UPTD Pengelolaan prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV sebesar 4,45% atau menjadi 43,45%.

“Dari tingginya kebutuhan yang masih belum terpenuhi tersebut, pemilihan lokasi pemasangan PJU dilakukan dengan mengutamakan tingkat pelayanan jalan, yang di antaranya merupakan ruas jalan provinsi yang memiliki kepadatan lalu lintas cukup tinggi, daerah dengan tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas tinggi, daerah yang memiliki aktifitas masyarakat pada malam hari, serta ruas jalan yang sama sekali belum tersedia lampu PJU,” ungkapnya.

Berdasarkan pantuan Tim Investigasi Medikom di Ruas Jalan Cirebon/Bts. Majalengka – Cigasong Kabupaten Majalengka pada tanggal 01 Juli 2023, beberapa lampu PJU Konvensional telah dipasang di ruas jalan tersebut. (Foto: Medikom)

Danny juga memaparkan pemasangan lampu PJU dilaksanakan di 5 Kabupaten, di antaranya Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang. Berikut ini jumlah unit lampu PJU yang dipasang di ruas jalan provinsi, yaitu:

a. Ruas Jalan Losari – Ciledug Kabupaten Cirebon sebanyak 36 unit;

b. Ruas Jalan Merdeka Utara Kabupaten Cirebon sebanyak 13 unit;

c. Ruas Jalan Luragung – Cibingbin Kabupaten Kuningan sebanyak 24 unit;

d. Ruas Jalan Oleced – Luragung Kabupaten Kuningan sebanyak 24 unit;

e. Ruas Jalan Pakembangan – Bojong Kabupaten Kuningan sebanyak 49 unit;

f. Ruas Jalan Cirebon/Bts. Majalengka – Cigasong Kabupaten Majalengka sebanyak 36 unit;

g. Ruas Jalan Leuwimunding – Rajagaluh Kabupaten Majalengka sebanyak 36 unit;

h. Ruas Jalan Prapatan - Leuwimunding Kabupaten Majalengka sebanyak 12 unit;

i. Ruas Jalan Karangampel - Jatibarang Kabupaten Indramayu sebanyak 36 unit;

j. Ruas Jalan Subang – Bts. Bandung Kabupaten Subang sebanyak 24 unit;

k. Ruas Jalan Bts. Purwakarta (Cipendeuy) - Subang Kabupaten Subang sebanyak 12 unit;

Berdasarkan pantuan Tim Investigasi Medikom di Ruas Jalan Cirebon/Bts. Majalengka – Cigasong Kabupaten Majalengka pada tanggal 01 Juli 2023, beberapa lampu PJU Konvensional telah dipasang di ruas jalan tersebut.

Lanjut Danny menjelaskan, pemasangan lampu PJU ini dibagi menjadi 25 segmen dan terdiri dari 25 pemasangan Kwh meter dengan kapasitas 2.200 VA menyesuaikan dengan jumlah pemasangan dalam satu rangkaian. “Spesifikasi Lampu PJU yang kami gunakan adalah lampu PJU Konvensional 90 Watt,” ungkapnya.

Danny menambahkan, “Spesifikasi tiang utama lampu PJU yang kami gunakan dengan ketinggian 9 meter berbahan galvanis. Tiang utama dan tiang pengaman pada lampu PJU kami mempersyaratkan mutu beton K250 untuk Tiang Utama dan K175 untuk Tiang Pengaman yang dibuktikan dengan hasil uji test mutu beton.”

Pengadaan dan Pemasangan lampu PJU Konvensional ini memiliki maksud dan tujuan untuk memenuhi ketersediaan fasilitas perlengkapan jalan di ruas jalan provinsi dan meningkatkan keselamatan lalu lintas pengguna jalan.

“Lampu PJU merupakan salah satu fasilitas perlengkapan jalan yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh pengguna jalan dan warga sekitar secara signifikan untuk menurunkan tingkat kecelakaan, mempermudah dan memperlancar perjalanan pada malam hari, dan membantu masyarakat sekitar dalam beraktivitas pada malam hari,” papar Danny.

Pelaksanaan pengadaan dan pemasangan lampu PJU merupakan salah satu amanat yang tertuang didalam Undang – Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 25 yang berbunyi setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan, salah satunya adalah alat penerangan jalan. (IthinK)

Tag : No Tag

Berita Terkait