Loading

Keren, Kini Pangandaran Punya Jembatan Batu Karas – Nusawiru


Penulis: IthinK
2 Tahun lalu, Dibaca : 1248 kali


Pembangunan Jembatan Batu Karas – Nusawiru dapat selesai dengan tepat waktu pada 27 Desember 2021 lalu. (Foto: Medikomonline.com)


BANDUNG, Medikomonline.com – Keren! Itulah ungkapan ketika melihat pemandangan yang indah di Jembatan Batu Karas – Nusawiru yang berada di atas aliran Green Canyon, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Kini Pangandaran mempunyai jembatan baru, yaitu Jembatan Batu Karas – Nusawiru.

UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V – Dinas Bina Marga dan  dan Penataan Ruang Jawa Barat telah menyelesaikan Pekerjaan Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru ini pada 27 Desember 2021 lalu.

Jembatan Batu Karas – Nusawiru ini dibangun untuk meningkatkan kemudahan akses infrastruktur menuju daerah objek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang telah dikenal secara nasional maupun internasional.

Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V Adnan Guntara ST MT mengatakan, Pekerjaan Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru dapat selesai dengan tepat waktu pada 27 Desember 2021 lalu untuk menunjang kemudahan akses infrastruktur pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru memiliki nilai strategis. “Diharapkan (Jembatan Batu Karas – Nusawiru) mampu meningkatkan objek wisata Batu Karas dengan adanya akses langsung dari Bandara Nusawiru menuju objek wisata Batu Karas,” kata Adnan Guntara didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ridwan R Lesmana MT kepada Medikomonline, Kamis (13/01/2022). 

Pekerjaan Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru dapat selesai dengan tepat waktu pada 27 Desember 2021 lalu untuk menunjang kemudahan akses infrastruktur pariwisata di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Medikomonline.com)

Selain itu kata Ridwan, dengan adanya Jembatan dan Akses Jalan Batukaras - Nusawiru dapat membuka usaha-usaha baru bagi masyarakat di sepanjang jalan akses Batukaras – Nusawiru.

Lebih rinci, Ridwan menjelaskan nilai strategis Pembangunan Jembatan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru ini, yaitu:

1. Akses menuju Bandara Nusawiru dari wisata Batu Karas

2. Menuju destinasi wisata Pantai Pangandaran

3. Menuju destinasi wisata Pantai Batu Karas

4. Menuju destinasi wisata Green Canyon

5. Mempecepat waktu tempuh dari Bandara Nusawiru ke objek wisata Batu Karas

6. Mempercepat waktu tempuh dari Pantai Pangandaran ke Pantai Batu Karas dan Green Canyon.

Ridwan menambahkan, Jembatan Batu Karas – Nusawiru akan segera bisa digunakan untuk kendaraan bermotor guna mempermudah akses para wisatawan mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Pangandaran.

Pekerjaan Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru dapat selesai dengan tepat waktu pada 27 Desember 2021 lalu untuk menunjang kemudahan akses infrastruktur pariwisata di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Medikomonline.com)

Terkait konstruksi Jembatan Batu Karas – Nusawiru, Ridwan menjelaskan, jembatan ini memiliki panjang 150 M’, lebar 4,20 M’. Tipe jembatan ini yaitu Jembatan Bailey atau jembatan sementara.

Sedangkan untuk konstruksi akses jalan yang telah dibangun panjangnya          750 M’ dan lebar 5 M’. Jenis perkerasan jalan ini adalah Lapis Penetrasi Macadam.

Pekerjaan Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru  ini selama 210 hari kalender sendiri telah diselesaikan pihak penyedia jasa PT. Fajar Eka Cipta pada tanggal 27 Desember 2021 lalu. Pemeliharaan  Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru  masih menjadi tanggung jawab penyedia jasa selama 1 tahun. 

Sementara berdasarkan pengamatan Medikomonline di lokasi Pembangunan Jembatan dan Akses Jalan Batu Karas – Nusawiru, Rabu (12/01/2022), sudah banyak masyarakat yang melintasi jembatan baru ini, khususnya pengguna sepeda motor dan pejalan kaki.

Beberapa pekerjan masih tampak melakukan pekerjaan. Mereka mengatakan, saat ini dilakukan pengencangan beberapa baut jembatan.

Asep yang melintasi jembatan baru Batu Karas – Nusawiru kepada Medikomonline mengatakan, dirinya merasa senang dengan pembangunan jembatan baru  Batu Karas – Nusawiru ini karena memudahkan akses dari Nusawiru ke Batu Karas dan juga sebaliknya.

“Apalagi Jembatan Batu Karas – Nusawiru yang berada di atas Green Canyon ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pasti pengunjung ke Pantai Batu Karas semakin banyak dengan adanya jembatan ini,” kata Asep kepada Medikomonline, Rabu (12/01/2022).    

Tag : No Tag

Berita Terkait