Loading

Menko PMK Tinjau Kesiapan Tol Cisumdawu Jelang Lebaran


Penulis: Nanang
26 Hari lalu, Dibaca : 126 kali


Plh Bupati Sumedang Tuti Ruswati mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau kesiapan Jalan Tol Cisumdawu.

SUMEDANG,Medikomonline.com - Plh Bupati Sumedang Tuti Ruswati mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau kesiapan Jalan Tol Cisumdawu menjelang mudik Lebaran, Kamis, (5/4/24).

Selama peninjauan Muhadjir melihat kesiapan Posko Terpadu, rest area sementara, kesiapan jalur lalu lintas Tol, serta kesiapan fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk para pemudik.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir mendapatkan laporan dari Plh Bupati Sumedang dan Kapolres Sumedang bahwa Kabupaten Sumedang sudah memenuhi variabel terkait kesiapan dalam penanganan mudik dan siap melayani pemudik yang akan datang dan melintas.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Plh. Bupati, Pak Kapolres, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang yang telah menyiapkan tata kelola mudik dan hal hal yang diperlukan dengan baik seperti kesiapan Posko Terpadu, kemudian Fasos Fasum,"ungkapnya.

Menurut Muhadjir, beberapa fasilitas masih belum seratus persen terpenuhi mengingat Tol Cisumdawu masih baru beroperasi, akan tetapi kesiapannya sudah di atas 90 persen.

"Rest area sudah ada, walau masih sementara dan masih dalam proses. Kemudian untuk jalurnya juga lancar. Mudah-mudahan dengan dengan  jalur tol baru ini akan memperlancar

arus mudik baik dari Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah dari tahun lalu," imbuhnya.

Selain itu, Muhadjir juga mewanti-wanti agar seluruh stakeholders terkait bersiaga dalam menghadapi peningkatan jumlah pemudik yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

"Kita harus waspadai terutama para pemudik yang berasal dari Jakarta. Kemungkinan terjadi lonjakan dari tahun sebelumnya. Itu harus diantisipasi," kata dia.

Lebih jauh terkait dengan diskon tarif tol di Cisumdawu, ia menerangkan bahwa Tol Cisumdawu baru dibuka sehingga belum bisa berpartisipasi untuk diskon atau pemotongan tarif tol seperti di daerah lain.

"Mudah mudahan tahun depan jalur Cisumdawu ini  ada pemotongan tarif seperti yang lain," pungkasnya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait