Loading

Petani Rancahan Sambut Hangat, DPUPR Indramayu Bangun Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi


Reporter: Yonif - Editor: Yonif
1 Bulan lalu, Dibaca : 188 kali


Para pekerja tengah membangun proyek rehabilitasi jaringan irigasi Rancahan (Yonif-medikomonline.com)

Petani Rancahan Sambut Hangat, DPUPR Indramayu Bangun Proyek Rehabilitasi  Jaringan Irigasi 

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM-Julukan kabupaten Indramayu sebagai lumbung pangan nasional, nampaknya akan terus dipertahankan kabupaten Indramayu. Salah satunya dengan terus memperhatikan pembangunan di sektor pertanian.

Kondisi itulah yang saat ini tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu. Yakni dengan membangun Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Desa Rancahan, Kecamatan Gabus Wetan Indramayu.

Jaringan irigasi yang mengairi lahan seluas kurang dari 1.000 hektar ini diperbaiki dengan anggaran Rp977.354.000,00, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti, melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air, Warhadi menjelaskan, bahwa proyek tersebut saat ini sedang dikerjakan.

"Kegiatannya adalah Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Primer dan Sekunder pada Daerah Irigasi yang Luasanya Dibawah 1.000 hektar,” ungkap Warhadi kepada media, Sabtu (27/7/2024).

Warhadi berharap agar semua pihak bisa menjaga dan merawat jaringan irigasi ini, yang pada gilirannya bisa bermanfaat bagi petani di wilayah Gabuswetan dan sekitarnya.

Dijelaskan, upaya perbaikan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana pertanian.

“Dengan infrastruktur pertanian yang baik diharapkan hasil pertaniannya lebih baik lagi, sehingga Indramayu sebagai lumbung pangan nasional tetap terjaga,” ungkapnya.

Terpisah, masyarakat sekitar menyambut baik adanya pembangunan jaringan irigasi di desanya. Iya berharap adanya pembangunan irigasi ini akan memberikan manfaat besar bagi para petani khususnya yang ada di wilayah Gabus Wetan dan sekitarnya. 

"Ungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati Nina atas perhatiannya terhadap pembangunan infrastruktur pertanian, yang jelas kami merasa senang, mudah-mudahan hasil panennya tambah meningkat lagi," ujar Mukit petani setempat.***

Editor : Yonif

Tag : No Tag

Berita Terkait