Loading

Agar Pahami Tugas dan Fungsinya, RT dan RW Desa Bojongmangu Bimtek.


Manah/Agus
11 Bulan lalu, Dibaca : 265 kali


AGUS/MANAH/MEDIKOMONLINE.COM. Foto bersama Kepala Desa Bojongmangu dan Plt Camat Bojongmangu didampingi oleh panitia Pelaksana Bimtek serta 24 Ketua RT dan RW Desa Bojongmangu, di Lembah Ciater Subang

SUBANG, Medikomonline.com - Agar memahami Tugas dan Fungsi Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sebagai lembaga kemitraan pemerintah desa, Desa Bojongmangu mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga RT dan RW yang dilaksanakan dua hari Sabtu dan Minggu, 20-21 Mei 2023, di Lembah Ciater Resort Subang, Sabtu (20/5/2023).

Plt Camat Kecamatan Bojongmangu Sapto Noviantoro, S.S, M.Tr. I.P, sebagai narasumber menjelaskan, pada hari ini ia memenuhi undangan kegiatan Bimtek bagi lembaga masyarakat atau perangkat RT dan RW di tingkat desa bojongmangu, Sabtu dan Minggu. 

"Saya dalam Bimtek ini memberikan materi tentang pembekalan-pebekalan khususnya kepada RT dan RW untuk lebih memahami tugas dan fungsinya secara mendasar bagaimana RT RW adalah mitra bagi pemerintah Desa untuk memberdayakan demi kemajuan masyarakat di tingkat desa, khususnya di Desa Bojongmangu," terang Sapto.

Diakui Kepala Desa Bojongmangu H Ibut Jari, untuk kegiatan Bimtek RT, RW ini tujuannya adalah untuk study banding. Seolah-olah kita sedang sharing dengan desa-desa lain atau dengan wilayah lainnya. 

Artinya supaya daya pikir mereka (RT, RW red) ini, lebih berpikir positif atau berpikir lebih maju lagi, dan tidak monoton, jangan hanya ruang lingkupnya di desa saja, hanya mengikuti kegiatan Minggon.

"Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, pemikiran mereka semakin terbuka dan berkembang, hal itu untuk kemajuan-kemajuan ke depannya, khususnya bagi Desa Bojongmangu," ucap Ibut Jari.

Ditempat yang sama Ketua BPD Desa Bojongmangu Ranto menegaskan, memang kegiatan Bimtek ini jauh-jauh hari atau dari tahun kemarin sudah direncanakan dan diusulkan. Maka tahun 2023 ini untuk pembinaan RT RW yang diadakan di luar desa. 

"karena ini salah satu untuk penyegaran, jadi melihat suasana baru kemudian di sini juga dibimbing dan dibina untuk memahami tupoksinya masing-masing supaya lebih maju lagi dan lebih memahami tugas dan fungsi secara dasar," ungkapnya.

Panitia Pelaksana Bimtek RT dan RW Desa Bojongmangu Pandi Achmadi melaporkan, bahwa Bimtek ini diikuti oleh 18 Ketua RT dan 6 Ketua RW, diselenggarakan selama dua hari Sabtu dan Minggu, 20-21 Mei 2023.

Kegiatan ini memang sudah direncanakan tahun sejak Tahun 2022 kemarin.

"Alhamdulillah kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik, lancar dan sukses, bahkan narasumber pun bisa hadir memenuhi undangan," pungkasnya

Tag : No Tag

Berita Terkait