Loading

Kampung Sari Mulya Gelar Kampung Ramah Lingkungan


Penulis: Kuswanto/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 1134 kali


Juara Lomba Kampung Ramah Lingkungan.

BOGOR, Medikomonline.com - Dalam rangka menyambut  HUT Kemerdekaan ke-75 RI, Kampung Sari Mulya  Rw 08 menggelar  kegiatan Lomba Kampung Ramah Lingkungan  (KRL) di tingkat Rt.

Kegiatan tersebut di ikuti 4, yaitu: Rt 01, Rt 02 , Rt 03 dan Rt 04. Tujuan lomba ini bukan semata-mata mencari juara, melainkan untuk memotivasi  warga di lingkungan masing-masing Rt agar  dapat merawat, menjaga sehingga  dapat  menciptakan kampung asri,  ramah, nyaman, aman , tentram dan bersih dari sampah dalam upaya untuk meningkatkan tarap hidup bersih dan  sehat.

Pihak lingkungan dan Ketua KRL Kampung Sari Mulya Rw 08 bekerja sama dengan semua stakeholder menggelar lomba ini dengan mengikuti aturan protokoler kesehatan. Seluruh peserta lomba menaati peraturan yang sudah diterapkan panita, mulai dari memakai masker, jaga jarak  untuk mengantisipasii dan memotong mata rantai  resiko penularan Virus Corona.

Hadir dalam acara  lomba KRL ini, Lurah Pakansari Masturo, Kasi Ekbang  Irma Wati, Satgas dari DLH Klik dan Sugila, Ketua Rw 08  Saleh suara, Ketua Rt 01 s/d Rt 04 , tokoh ulama, tokoh masyarakat , tokoh pemuda , Ketua KRL Zaenuri, dan Ketua panitia penyelenggara Wahyu Wb beserta jajaran kepanitiaan.

Acara lomba berlangsung meriah. Semua masyarakat antusias menyambut acara lomba, mulai jam 08 wib sampai selesai. Masyarakat juga menyambut para tamu undangan  yang hadir di acara lomba dengan menampilkan budaya  kesenian Sunda, kesenian tradisional, modern dan beragam kegiatan lainnya.  

Kampung Sari Mulya  Rw 08 menggelar  kegiatan Lomba Kampung Ramah Lingkungan.    

Dalam sambutannya, Lurah Pakansari Masturo mengimbau kepada seluruh masyarakat terus berjuang dan jangan patah semangat, karena semua  bentuk kegiatan itu membutuhkan pengorbanan.

Lurah juga meminta masyarakat meningkatkan kerja sama yang solid dengan berbagai pihak dan optimis ke depan Kampung Sari Mulya sekarang memasuki tahap madya dan tidak menutup kemungkinan ke depan akan meraih tingkat jawara.

Pada saat acara bersamaan, Lurah Pakansari  Masturo berjanji untuk tahun 2021 Kampung Sari Mulya akan merealisasikan  bantuan dari pemerintah daerah untuk pembangunan drainase.

sementara Zaenuri, Ketua KRL  Kampung Sari Mulya Rw 08 didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Lomba KRL Wahyu Wb dalam sambutannya mengatakan, Lomba KRL ini bertujuan meningkatkan lingkungan hidup bersih, menjalin tali silaturahmi antarlingkungan, memanfaatkan lahan yang ada dalam konsep “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”.

Sedangkan Klik didampingi Sugila selaku Satgas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor sebagai tim verifikasi menjelaskan, penilaian kegiatan lomba  pada tanggal 15 Agustus 2020 sebagai kekurangan harus dipoles. Pertama, kebersihan harus ditingkatkan. Kedua, masih ada pembakaran sampah di area lingkungan.

Ketiga, nilai jual hasil tanam yang belum produktif. Keempat, masih banyak tanaman dadakan. Kelima, belum mempunyai nilai jual dari hasil tanam. Keenam, pengelelolaan sampah dan kebersihan termasuk  bank sampahnya  lebih ditingkatkan lagi. Ketujuh, tingkatkan penghijauan pemanfaatan lahan sempit P2. Kedelapan, pengembangan ekonomi.

Hasil penilaian  lomba dari  tim juri independen Dinas Lingkungan Hidup, Kasi Ekbang dan Lurah Pakansari yaitu sebagai juara terbaik dari 4 Rt  peserta Lomba KRL sebagai berikut: RT 04 Total Nilai 1740 , RT 02  Total Nilai 1900, RT 01 Total Nilai 1850, RT 03  Total Nilai 1910.

Juara  1 terbaik Rt 03, Juara 2 Terbaik Rt 02,  Juara  3 Terbaik  RT 01, Juara 4 Terbaik RT 04. Masing-masing pemenang terbaik lomba diberikan piagam  penghargaan, tropy beserta uang pembinaan yang sudah dipersiapkan panitia penyelenggara.

Ketua Rw 08 Saleh Suarna mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara lomba dan semua  pihak, masyarakat yang mendukung acara  lomba KRL ini.

“Saya selaku pengurus lingkungan  Rw 08, semua pengorban  yang dikeluarkan, moril maupun materil,  semoga dibalas oleh Allah  SWT. Amin Yarobbal Alamin,” imbuh Saleh. 


Tag : No Tag

Berita Terkait