Loading

Camat Cibarusah Monitoring Kegiatan Musrenbang Desa Wibawamulya


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 889 kali


Peserta Musrenbangdes. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

CIBARUSAH, Medikomonline.com - Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi melakukan monitoring kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Desa Wibawamulya untuk tahun anggaran 2023, pada Senin (10/1/2022).

Dikatakannya, sesuai dengan surat edaran dari PJ. Sekretaris Daerah bahwa pelaksanaan Musrenbangdes di mulai dari tanggal 3 sampai 16 Januari 2022. Untuk tujuh desa di kecamatan cibarusah jadwal Musrenbangdes Senin dan Selasa, Senin 10 Januari tiga desa dan Selasa 11 Januari empat desa. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk menampung aspirasi baik dari masyarakat, maupun dari instansi lainnya. Apalagi penginputan dari hasil Musrenbangdes ke Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD), hanya diberikan di tingkat desa saja.

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi yang didampingi Kades Wibawamulya, Kepala Puskesmas Cibarusah, Ketua BPD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, saat memberikan arahan kepada peserta Musrenbang Desa Wibawamulya, di aula desa, pada Senin (10/1/2022). (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

"Saya berharap masyarakat harus benar-benar memanfaatkan momen Musrenbangdes ini, untuk mengajukan berbagai usulannya," ujarnya 

Memang katanya lagi, untuk mengajukan usulan kegiatan pembangunan di Musrenbangdes, bisa sebanyak-banyaknya. Tapi di kembalikan lagi kepada kemampuan atau keterbatasan anggaran Pemerintah Kabupaten itu sendiri.

"Tahun 2021 kemarin pun anggaran di refocusing sampai 35 persen, dan di tahun 2022 ini sudah dipastikan semua kegiatan hanya 50 persen saja, yang terpenting usulan yang diajukan di Musrenbangdes tidak tumpang tindih dengan APBDes," terangnya.

Tambah Kurnaefi, perlu diketahui bahwa kegiatan pembangunan ditahun 2022 dari APBD Kabupaten Bekasi untuk Kecamatan Cibarusah masih di Infrastruktur jalan yang anggarannya besar. Seperti pembangunan jalan Kampung Cigutul sampai Tegal panjang anggarannya sekitar 4,9 miliar, pembangunan jalan kampung Putat anggarannya sekitar 3 miliar, dan perbaikan jalan dari kecamatan sampai desa ridogalih dan desa ridomanah dengan anggaran sekitar 1 miliar.

"Tentunya harapan besar saya dan pemdes di tahun 2022 ini, kegiatan pembangunannya dari pemkab bekasi bertambah," tutupnya,

 

 :


 

 



Tag : No Tag

Berita Terkait