Loading

Dinas Pertanian Kerja Sama Kelompok Tani Desa Karangmulya Tanam Kacang Tanah Serempak


Penulis: Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 1264 kali


Kepala Dinas Pertanian didampingi Kades Karangmulya bersama para petani melakukan penanaman kacang tanah. (AGUS NURYADIN/MEDIKOMONLINE.COM)

BOJONGMANGU, medikomonline - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan tanam serempak kacang tanah bersama Kelompok Tani Kembang Ligar, Kampung Bedeng, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, pada Senin (11/7/2022).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nani Suwarni mengatakan, kegiatan tanam serempak kacang tanah itu, untuk mendukung peningkatan produktivitas para petani.

"Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mendapat bantuan dari Kementerian berupa kacang tanah, untuk kita tanam di lahan sekitar 25 hektar," ujarnya.

Nani juga menuturkan, kondisi geografis wilayah Kecamatan Bojongmangu sebagian besar wilayah tadah hujan sehingga untuk tanaman padi hanya bisa ditanam pada musim hujan.

"Maka, sambil menunggu musim penghujan, kita mengupayakan agar kegiatan budidaya terus berjalan, salah satunya dengan pengembangan budidaya palawija," ungkapnya.

Lanjutnya, Kabupaten Bekasi untuk tahap selanjutnya, akan mendapatkan bantuan benih kacang kedelai yang akan ditanam pada area seluas 250 hektar.

"Dan khusus untuk Kecamatan Bojongmangu, kami akan sediakan benih kacang kedelai untuk luas area 100 hektar, tinggal disiapkan aja area tanahnya, agar kedepan kesejahteraan petani dapat meningkat," terangnya.

Ia berharap, Pemkab Bekasi dapat membantu para petani, untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus ada aktivitas budidaya sambil menunggu musim tanam padi berikutnya.

Sejauh ini, kata Nani, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi akan fokus di wilayah Bojongmangu, sebagai pilot proyek pengembangan budidaya kacang tanah.

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke wilayah yang lainnya di Kabupaten Bekasi," tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Karangmulya, Jaka Suteja, menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah membantu kelompok tani yang ada di wilayahnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, bisa meningkatkan perekonomian petani yang ada di wilayah kami," ujarnya.

Pihaknya berharap, petani yang mendapatkan bantuan bibit kacang tanah, bisa mendapatkan keuntungan dengan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa mencukupi kebutuhan hidup dan bisa mensejahterakan para petani yang ada di Desa Karangmulya ini," harapnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait