Loading

Disperkimtan Tinjau Program Bebenah di Desa Nagacipta


Penulis: Manah Sudarsih/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 1144 kali


Disperkimtan, Korfas Kabupaten, Tim Fasilitator Lapangan, Pemdes Nagacipta meninjau pemilik rumah Penerima program bebenah, Bu Ori Desa Nagacipta, kemarin. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

SERANG BARU, Medikomonline.com - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) bersama Tim Fasilitator Lapangan, yang didampingi Sekdes, dan perangkat desa meninjau lokasi program Bekasi Bedah Nata Rumah (Bebenah) di Desa Nagacipta Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Desa Nagacipta Tahun 2020 ini mendapatkan alokasi untuk Bebenah sekitar 25 unit rumah, dengan anggaran dua puluh juta rupiah per unitnya. Kegiatan peninjau Bebenah di Desa Nagacipta dilaksanakan pada Rabu (16/9/2020).

Menurut perwakilan dari Disperkimtan Cecep Supriadi, program Bebenah ini, anggarannya sekitar 20 juta rupiah per unitnya, Rp 17.500.000 untuk material dan Rp 2.500.000 biaya untuk tukang. Dan jika masih ada yang kekurangan harus dengan swadaya. Kemudian yang sudah disurvei tadi, sekitar tujuh rumah, dari 25 unit rumah yang dialokasikan.

"Alhamdulillah tujuh rumah progresnya, mencapai 50-80 persen, ini sudah luar biasa, karena anggaran yang baru dikucurkan di tahap satu, ya tinggal kita tunggu pencairan tahap duanya," katanya kepada Medikomonline.com, kemarin.

Setelah dirinya bersama tim Fasilitator Lapangan mensurvei tujuh rumah, masyarakat menerimanya bantuan tersebut dengan swadaya, tentu saja agar maksimal. Harapan ke depannya agar lebih baik lagi, sebab dengan anggaran yang ada saat ini dan di masa pandemi terasa banget bagi masyarakat harus berswadaya.

"Memang masyarakat harus berpartisipasi dalam program Bebenah ini, yakni dengan swadaya," tuturnya.

Sementara itu Koordinator Fasilitator Program Bebenah Kabupaten Bekasi Fariz Sunanto menegaskan, tentunya program ini bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi, untuk meningkatkan kualitas masyarakatnya. Terlihat setelah melakukan peninjauan di Desa Nagacipta, rumah yang tadinya reot kini berbentuk sederhana, dan sehat.

"Kami dari tim Fasilitator terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program Bebenah ini, sampai tuntas," tandasnya.

Sekdes Nagacipta Aming menuturkan, bagi masyarakat program bebenah ini sangat bermanfaat. Tapi harus diingat, setelah selesai dibangun, rawat dan pelihara dengan baik, jaga juga kebersihannya.

"Dari pihak desa, terus mendukung program Bebenah, tinggal kembalikan lagi ke masyarakatnya mau tidak memanfaatkannya," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait