Loading

Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Sukahaji Tahun 2023 untuk Rencana Kerja Tahun 2024


Reporter: A. Rohman
7 Bulan lalu, Dibaca : 234 kali


Musyawarah Desa

GARUT, medikomonline.com - Pemeritah Desa Sukahaji, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut - Jabar melaksanakan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 juga Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024, yang dilaksanakan oleh BPD Desa Sukahaji beserta seluruh anggota, Kamis 21 September.

Hadir dalam acara tersebut Camat Sukawening diwakili Ibu camat, didampingi Kasi PMD kecamatan, Danramil Kapten Arm Harianto, didampingi Bhabinsa Desa Sukahaji, Bhabinkamtibmas Desa Sukahaji, Kepala Desa Sukahaji Abdul Hayat, Ketua BPD beserta anggota, seluruh perangkat Desa, P3MD, LPM, TP PKK Desa, Karang Taruna Desa, perwakilan unsur tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Musyawarah Desa (MUSDes) bertujuan menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataaupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun di Tahun 2024.

Setelah pembahasan materi, seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa usulan yang ditetapkan bersama sehingga menjadi kesepakatan akhir dari Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk Tahun 2024.

Pelaksanaan Musyawarah Desa (MusDes), tetap mengacu pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pembangunan Desa dan Permendes PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana.

Dalam sambutannya, Kades Sukahaji Abdul Hayat menuturkan agar warga masyarakat Desa Sukahaji, menjalin komunikasi yang baik, semakin menumbuhkan kembali bergotong royong, agar semakin terjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa, agar ke depan Desa Sukahaji semakin lebih baik dan makin maju perekonomian dan SDM-nya.

“Selain di bidang  pembangunan insfrastuktur, pemberdayaan sumber daya manusia dan seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa Semakin maju, sehingga kedepannya Desa Sukahaji menjadi Desa yang mandiri, dan dapat berdiri di atas kaki sendiri, tanpa mengharapkan bantuan dari Pemerintah, baik pusat maupun Daerah,” tutur Abdul Hayat.

Di akhir sambutan Abdul Hayat bersyukur digelarnya Rapat Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 dalam Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk anggaran Tahun 2024, Alhamdulillah berjalan dengan lancar juga dalam interaksi komunikasi berjalan baik dari mulai, sharing, diskusi dengan audien yang hadir dalam musdes tersebut berjalan baik dan kondusif hingga akhir acara.

“Semoga Desa Sukahaji ke depannya semakin mandiri dan berkembang. Aammiin,” tutur Kades Sukahaji. (Abdulrochman)


Tag : No Tag

Berita Terkait