Loading

Rakor Forsekdesi se Kecamatan Malangbong Hadirkan Kabid Pemdes BPMPD Garut


A Rohman
9 Bulan lalu, Dibaca : 218 kali


Rakor Forsekdesi

GARUT, medikomonline.comRapat Koordinasi (Rakor) Forum Sekretaris Desa Indonesia (Forsekdesi) se Kecamatan Malangbong diisi dengan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa, Kamis 6 Juli 2023, di Gedung Olah Raga Desa Karangmulya. Sasarannya Sekretaris Desa dan Bendahara Desa (Kaur Keuangan) dari 24 desa yang ada di kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Sosialisasi membahas pelaksanaan penyusunan pengelolaan keuangan desa dan penyampaian laporan dan penatausahaan pelaporan keuangan masing-masing desa, di kecamatan Malangbong. Dengan demikian dapat tersinkronisasi dan terkoordinasi dengan baik secara aturan. Sehingga akan meminimalisasi kekeliruan yang dapat menimbulkan persoalan nantinya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Kepemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Garut Idad Badrudin, Camat Malangbong Undang Saripudin, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

Saat diwawancara awak media, Idad Badrudin menyampaikan terima kasih kepada camat yang telah memfasilitasi rapat koordinasi serta kepada Forum dan Persatuan Sekretaris Desa di wilayah kecamatan Malangbong.

Ida menegaskan program kerja disesuaikan dengan fungsi, yaitu pembinaan dan pengawasan keuangan desa. Di bidang pemdes, ujarnya dari DPRD diberi inovasi aplikasi yang berkolaborasi bersama Bank Jabar. Maka, di tahun 2024 nanti semua pembayaran dan pelaksanaan keuangan di desa itu sudah non tunai.

“Jadi hari ini juga sekaligus sosialisasi bagaimana tata cara pembayaran ataupun bagaimana pelaporan dari mulai perencanaan yang baik tentang semua kegiatan tentang pelaporannya. Saat ini di kabupaten aplikasi keuangan dana desa itu dari mulai pusat masuk ke desa dan desa melapor ke kecamatan dan kecamatan melapor ke dinas DPMD, melalui Bank Jabar, melalui aplikasi tersebut. Jadi tiap dana itu non tunai,” jelas Idad Badrudin.

Terkait ketahanan pangan yang dibiayai dari Dana Desa, Kabid Pemerintahan Desa menjelaskan untuk ketahanan pangan sudah ada kriterianya guna meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, termasuk kegiatan-kegiatan untuk menunjang dari sisi ekonomi maupun UMKM-nya.

Untuk peningkatan ekonomi, misalnya ada perbaikan jalan, saluran imigrasi, terus ada yang untuk peningkatan ekonomi termasuk kegiatan untuk membantu masyarakat yang kurang perekonomian, apakah membuat home industry nanti dibantu.

“Kita berharap ketahanan pangan untuk memperluas ekonomi dalam jangka panjang untuk kebutuhan masyarakat. Jadi masyarakat bisa memenuhi kebutuhan ekonominya, juga ada laporan pertanggungjawabannya untuk desa dalam peningkatan ekonominya seperti apa. Kan itu ada laporannya,” jelas Idad Badrudin.

Sementara Undang Saripudin, Camat Malangbong menjelaskan terkait rakor dibiayai dengan swadaya para Sekdes dan Bendahara Desa dari 24 Desa yang ada di wilayah kecamatan Malangbong. Jadi tidak ada dalam DPA kecamatan.

Tujuan dari rakor, jelasnya untuk menyamakan persepsi yang berkaitan dengan sistem-sistem, biar semuanya kompak tidak ada desa yang tertinggal. Yang kedua berkaitan dengan menjaga kekompakan para sekdes dan perangkat desa se kecamatan Malangbong.

“Rakor seperti ini, ke depannya, diharapkan bisa berjalan minimal 1 tahun 3 kali atau 4 kali, karena ini adalah swadaya murni dari rekan-rekan sekdes dan bendahara di tiap-tiap desa. Beberapa bulan ke depan mungkin sekdes dengan kasi pemerintahan, mungkin sekdes dengan kasi kesra gantian bergilir,” tuturnya.

Ia berharap ke depannya SDM perangkat desa bisa meningkat karena setiap rakor pasti mendatangkan narasumber yang kompeten yaitu dari DPMD.

“Alhamdulillah hari ini yang mewakili DPMD pak Kabid Pemerintahan Desa dan dari kepolisian setempat pak Kanit turut memantau kegiatan,” jelas Undang Saripudin. (A. Rohman)


Tag : No Tag

Berita Terkait