Loading

Bank Sampah Ciamis Raih Penghargaan Terbaik Nasional, Kado HUT Ciamis 381


Penulis: Herz_Cms
10 Bulan lalu, Dibaca : 281 kali


Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar (tengah) menerima langsung penghargaan dari Kementerian LHK - RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc, Selasa pagi (13/6/2023) di Graha Manggala Wana Bhakti

CIAMIS, Medikomonline.com - Pengelolaan Bank Sampah Ciamis (BSC) baru empat (4) tahun berjalan sudah mampu meraih penghargaan tinggi di tingkat nasional sebagai Runer Up Bank Sampah Terbaik Nasional 2023.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc pada kegiatan Festival Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa pagi (13/6/2023) di Graha Manggala Wana Bhakti, Jakarta Pusat

Perolehan penghargaan ditetapkan berdasarkan Peraturan Dirjen PSLB3 No. P.1/PSLB3/PUS/PLB.2/4/2023 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Bank Sampah.

Atas prestasi tersebut, BSC diundang langsung untuk menghadiri pemberian penghargaan Bank Sampah Terbaik tahun 2023.

Foto : Detik-detik Kadis PRKPLH Ciamis Taufik Gumelar meraih Penghargaan Terbaik Pengelolaan Bank Sampah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Kabupaten Ciamis Taufik Gumelar menerima langsung penghargaan tersebut, sebelumnya tidak menyangka akan mendapat penghargaan.

Memang sebelumnya pihak dinas mengikuti kegiatan Festival Hari Peduli Sampah Nasional oleh KLHK dengan tema ‘From Linear Traditional to Circular Economy’, selama empat hari mulai Selasa 13 Juni hingga Jumat 16 Juni 2023 bertempat di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat.

Kegiatan ini bermaksud untuk memastikan implementasi ekonomi sirkular menjadi platform dalam pengelolaan sampah di Indonesia. Selain itu juga sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian mandiri sebagaimana visi misi Bupati Ciamis sejak awal didirikan 2020 yang lalu, Bank Sampai menjadi icon Dinas LH Ciamis.

 “Kami selalu berkonsultasi dengan pimpinan dalam menciptakan inovasi pengelolaan bank sampah hingga mensosialisasikan dan mengadakan bank smapai hingga tingkat pelosok.Dan tak disangka akhirnya raih penghargaan tingkat nasional. Dengan mempromosikan pengembangan pengelolaan sampah yang inovatif dan terintegrasi dari hulu ke hilir," terang A Opik akrab disapa kepada Medikomonline.com.

"Sebagai informasi, rangkaian kegiatan FPSN 2023 meliputi, pameran, seminar, talkshow dan workshop. Menghadirkan narasumber dari pemerintah daerah (Pemda), industri, produsen dan praktisi. Mereka yang telah berhasil mewujudkan pengelolaan sampah dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular, "tuturnya.

Taufik pun menyampaikan terima kasihnya kepada Menteri KLHK, Kadis DLH Provinsi Jawa Barat. “Wabil khusus kepada Bapak Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya atas bimbingan, petunjuk, arahan dan dorongan kebijakan, Tim Bank Sampah Ciamis, Tim Duitin, Bank Sampah Unit, Relawan Maggit, Relawan Penggiat Lingkungan dan Pasukan Ungu serta seluruh masyarakat Ciamis,” ucapnya.

Foto : Suasana penerimaan penghargaan di Gedung Graha Manggala Wana Bhakti Jakarta Pusat.

Ia pun mengaku bangga dan bersyukur atas capaian prestasi tersebut yang secara tidak langsung menjadi kado istimewa di Hari Jadi Ciamis ke-381 Tahun.

“Tentu ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan semua pihak, dengan semangat inovatif, serta komitmen menjalin sinergitas dalam pengelolaan sampah,”paparnya.

Menurut Taufik, prestasi ini menjadi momen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tetap merawat lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pilih sampah dari rumah dan nabung sampah ke bank sampah terdekat untuk mewujudkan Ciamis yang bersih, sehat dan bernilai,”pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait