Loading

Bibit Yang Telah Disertifikasi Telah Teruji Kualitasnya


edie ns
7 Bulan lalu, Dibaca : 274 kali


Ketika Medikom berkunjung ke Sentra Bibit di Blok Datar Ciseupang Desa Nagrog, kecamatan Cicalengka, disambut Ketua Kelompok Tani Giri Jaya, Tatang Sutardi SPd, yang sering dipanggil pa Dede, Senin (2

BANDUNG, Medikomonline.com -

Kegiatan rehabilitasi hutan memerlukan pasokan bibit dalam jumlah yang berlimpah dari sumber Bibit berkualitas. Bibit tanaman hutan yang bermutu dan berkualitas diperlukan untuk membangun hutan tanaman yang produktif dan lestari.Namun ketersediaan sumber benih tanaman hutan yang unggul dan bersertifikat masih sangat sedikit,

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui UPTD Srtifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan melaksanakan kegiatan pengembangan  perbenihan untuk rehabilitasi lahan di Jawa Barat. Bentuk sub kegiatan tersebut adalah diantaranya Pembangunan sentra bibit untuk penyediaan dan pemenuhan pohon dilahan kritis sebagai upaya untuk mengurangi luas lahan kritis di Jawa Barat. Seperti yang dikemukakan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, ST, M.Sc pada tanggaapan Konfirmasi Tertulis Medikom belum lama ini.

Dalam pelaksanaan sub kegiatan tersebut, KPA dilaksanakan oleh Dr. Ir. Dede Mahmiludin, M.Si  selaku Kepala UPTD Srtifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan dan PPTK dilaksanakan oleh Andi Rusandi, S.Hut, MM  selaku Koordinator Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan pada UPTD Srtifikasi dan perbenihan Tanaman Hutan.

Pelaksanan kegiatan tersebut juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat melibatkan partisipasi dari berbagai kelompok /masyarakat terkait, diantaranya kelompok masyarakat yang terlibat dalam sentra bibit, yaitu kelompok tani Cikahuripan dan Kelompok Tani Giri Jaya.

Selain itu ada juga kelompok masyarakat yang terlibat dalam pemeliharaan sumber benih sebanyak 9 kelompok tani, yaitu Harapan Makmur, Giri Jaya, Karya Makmur Mandiri, Mekar Tani, Karya Mekar, Mitra Wana, Raksa Jagat Manglayang, Rancage dan Kelompok Tani Hutan Agroferestry Raharja. Kelompok masyarakat yang terlibat dalam Pengelolaan Hutan Daerah Kiarapayung, yaitu Kelompok  Tani Raksa Jagat Manglayang

Kemudian ada dua lokasi sentra bibit, yang menjadi handalan UPTD Srtifikasi dan perbenihan Tanaman Hutan Jawa Barat, yakni  terletak di Blok Sirah Ciheuleut, Desa Situraja Utara, Kecamata Situraja Kabupaten Sumedang dan Sentra Bibit di Blok Datar Ciseupang Desa Nagrog, kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, dan jenis tanaman yang dikembangkan di dua lokasi ini adalah Sengon, Gmelina, Mahoni, Manglid, suren, Akasia Mangium, Eucaliptus, Bungur/Ketapang Kencana, Trembesi, Pucuk Merah dan Tabebuya

Ketika Medikom berkunjung ke Sentra Bibit di Blok Datar Ciseupang Desa Nagrog, kecamatan Cicalengka, Senin (25/09/2023), Ketua Kelompok Tani Giri Jaya, Tatang Sutardi SPd, yang sering dipanggil pa Dede mengatakan biasanya untuk memenuhi target 200.000 bibit yang dikerjasamakan dengan SPTH, pihaknya mempekejakan tenaga kerja sampai 25 orang, dan kebanyakan para ibu. “Saya sudah bekerja sama dengan SPTH sejak 2014,” ujar pa Dede.

Penyaluran bibit ke masyarakat biasanya dilakukan sekitar bulan November. Sebanyak 200.000 bibit pohon sudah berusia 3 s/d 3,5 bulan dan sudah layak untuk disalurkan. “Ini sudah memenuhi standard, tinggal disertifikatkan dulu, nanti kalau sudah disertifikat, sudah layak edar, karena bibit yang telah disertifikasi telah teruji kualitasnya,” ujar pa Dede.

Pak Dede juga mengatakan, pihaknya menerima tamu siapa saja yang datang yang memerlukan bibit, baik perorangan maupun kelompok. menurutnya sudah banyak yang berkunjung ketempatnya, dari sekolahSD, dari perguruan tinggi, dari POLRI.  “Bahkan  anggota Dewan pun berkunjung kesini,” ujar pa Dede.

 

Tag : No Tag

Berita Terkait