Loading

Giatkan Pengelolaan Sampah pada Masyarakat, I-Masaro Binaan Polytama Adakan Perlombaan KBBKL


Penulis: Yonif - Editor: Dadan Supardan
1 Tahun lalu, Dibaca : 344 kali


I-Masaro

INDRAMAYU, MEDIKOMONLINE.COM Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, Polytama melalui program CSR mengenai pemilahan sampah, Indramayu Manajemen Sampah Zero (I-Masaro), melakukan kegiatan bersama dengan komunitas I-Masaro yang rencananya tahun ini akan mulai dihelat berupa perlombaan Kreasi Barang Bekas dan Kebersihan Lingkungan (KBBKL).

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun motivasi pada masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah yang tepat.

Program CSR binaan Polytama yang berfokus pada pengolahan sampah beranggotakan mantan buruh migran di Desa Tinumpuk, Indramayu ini, mengadakan lomba kreasi barang bekas dan kebersihan lingkungan.

Acara dihadiri Forkopimcam Kecamatan Juntinyuat, perwakilan dari Dinas LH. H. Yus Rusmadi S.E., M.AK Sekretaris Dinas LH Indramayu dan Mutia selaku Ketua Kelompok I-Masaro.

Serta sekitar 100 orang warga setempat mulai dari usia anak-anak, remaja, sampai orang tua saling bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar, seperti membersihkan selokan, mencabuti rumput liar,.

Selain itu masyarakat juga mengikuti perlombaan kreasi dari barang bekas yang sudah tidak terpakai, seperti mambuat tas, pot bunga, masker kain, sandal plastik, tempat pensil, asbak, tempat menyimpan bumbu dapur,dan bunga plastik, dimana seluruh benda – benda tersebut sepenuhnya merupakan kerajinan tangan masyarakat setempat.

Adanya peringatan HPSN di Desa Tinumpuk tidak terlepas dari wujud nyata penerapan Program I-Masaro (Indramayu Manajemen Sampah Zero) Binaan PT Polytama Propindo yang sudah berjalan selama tujuh tahun terakhir di Desa Tinumpuk.

Mengedukasi para warga sekitar untuk pemanfaatan sampah menjadi lebih berguna dan bisa bernilai ekonomis. Serta dalam peringatan HPSN tersebut Tim CSR Polytama Propindo secara resmi exit dari program I-Masaro dengan memberikan bekal kemandirian kepada kelompok I-Masaro berupa perlengkapan berjualan teh jinten, seperti Gerobak Teh Jinten, mesin cup sealer, coolbox, dispenser dll., yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok sebagai sumber penghasilan bersama dan mengembangkan produk teh jinten menjadi produk unggulan dari kelompok I-Masaro.

Tag : No Tag

Berita Terkait