Loading

Keluarga Besar GEMA PASUNDAN Mengecam Keras Statemen Arteria Dahlan


Penulis: Dadan Supardan
2 Tahun lalu, Dibaca : 683 kali


Rajo Galan S.Pd


BANDUNG, Medikomonline – Rajo Galan S.Pd selaku Koordinator Pusat/Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Pasundan (GEMA Pasundan) menyesalkan dan mengutuk keras sikap anggota DPR RI Arteria Dahlan yang meminta Kajati yang memakai bahasa Sunda saat rapat diganti atau dipecat.

Menurut Rajo Galan pernyataan Arteria sangat tidak mencerminkan dirinya sebagai wakil rakyat. Ia memandang suatu kewajaran apabila ada seseorang dari Sunda berbicara dengan bahasa daerahnya sendiri dalam hal ini bahasa Sunda di dalam forum-forum formal. Karena bangsa Indonesia ini multietnis.

“Multietnis yang kita ketahui adalah multi inikan artinya banyak. Etnis itu artinya suku. Nah yang berarti negara Indonesia yang kita cintai ini merupakan negara yang terdiri atas banyak suku. Sederhananya adalah beragam ras atau suku bangsa. Nah pengertian ini atau konsep ini yang harus saudara Arteria Dahlan pahami! Jangan-jangan Arteria Dahlan ini selaku anggota DPR-RI Komisi III tidak paham mengenai multietnis? Sehingga mengeluarkan statemen yang melukai orang Sunda se Nusantara. Ini sangat keterlaluan apa yang disampaikan oknum wakil rakyat ini,” ungkapnya.

Dikatakan, wakil rakyat itu seharusnya menjadi pelopor mengenai toleransi keberagaman ras/suku, bukannya malah menjadi pemantik konflik SARA. Dengan demikian, pihaknya ingin bertanya kepada saudara Arteria Dahlan apakah saudara Arteria Dahlan paham mengenai filosofi terbentuknya NKRI? Mengenai multietnis? Mengenai kearifan lokal?

“Kalau saudara tidak paham sebagai wakil rakyat kami Selaku Mahasiswa yang akan turun langsung memberikan pemahaman hal ini kepada saudara. Tolong jangan membuat masyarakat Sunda se Nusantara marah. Hal yang saudara sampaikan ini adalah hal yang sangat sensitif. Ini bisa menjadi masalah besar. Anda itu wakil rakyat yang seharusnya menampung aspirasi rakyat, memperjuangkan hak-hak rakyat bukan menjadi anggota dewan rasis dan nyinyir,” tutur Rajo Galan.

Berbicara Sunda, jelas dia, bukan kriminal, bukan tindak pidana, bukan juga tindakan korupsi kenapa harus dipecat.

“Statemen Anda ini memalukan diri Anda sendiri bahwasannya kami mahasiswa dan masyarakat itu tahu kualitas berpikirmu wahai yang katanya wakil rakyat. Kami keluarga Gerakan Mahasiswa Pasundan mendesak Majelis Kehormatan Dewan Atau MKD untuk menindak dengan tegas saudara Arteria Dahlan karena ini bisa memantik konflik SARA karena sudah jelas yang bersangkutan ini melukai hati masyarakat Sunda se Nusantara,” imbuh Rajo Galan.

Hal ini, tambahnya, harus ditindak secara serius dan tegas oleh MKD. Jangan sampai dibiarkan agar tidak terjadi lagi hal-hal yang memicu konflik SARA karena statemen rasis dari yang katanya wakil rakyat.

Ia menegaskan, masih banyak yang harus yang bersangkutan urus selaku wakil rakyat yang membidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan dibandingkan dia harus meminta memecat kajati. Ada masalah apa Arteria Dahlan ini dengan orang Sunda?

“Kami sampaikan dengan tegas bahwasannya MKD secepatnya tindak dengan tegas sudara Arteria Dahlan ini sebelum ini menjadi konflik yang sangat besar, buat dia menyesali perbuatannya sehingga tidak lagi ada oknum yang berbuat seperti itu lagi, melukai hati orang Sunda se Nusantara.

Tag : No Tag

Berita Terkait