Loading

3000 Anggota Pramuka Meriahkan Upacara Hari Pramuka Ke-63 Tingkat Kabupaten Bekasi di Buper Karang Kitri


Manah/Agus
1 Bulan lalu, Dibaca : 80 kali


MANAH/AGUS/MEDIKOMONLINE.COM Foto : rangkaian kegiatan Upacara Hari Pramuka Ke-63 tingkat Kabupaten Bekasi di Bumi Perkemahan Karang Kitri Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, pada Rabu (14/8/2024)

BOJONGMANGU - Sebanyak 3000 anggota Pramuka memeriahkan upacara Hari Pramuka Ke-63 tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2024, di Bumi Perkemahan (Buper) Karang Kitri Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, yang dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi, yang dilaksanakan, pada Rabu (14/8/2024).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan langsung memimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-63 dalam sambutannya mengatakan, bahwa Hari Pramuka yang Ke-63 tersebut mengambil tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota pramuka berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Semuanya itu untuk terus memperkuat gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, dan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan memiliki daya saing,” ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengutif sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi, Pj Bupati Bekasi menilai jika gerakan Pramuka adalah sarana untuk pendidikan karakter. Selain itu juga mendorong generasi penerus yang dilatih untuk disiplin, jujur, peduli dan juga aspek-aspek lainnya tentang kepemimpinan.

Dengan demikian, melalui gerakan pendidikan kepramukaan ini, generasi muda Kabupaten Bekasi mampu menjadi generasi yang berkualitas. Selain itu, gerakan Pramuka juga harus dijadikan karakter untuk berjiwa Pancasila yang harus ditanamkan sejak dini,

"Ya, Pramuka dapat menyentuh di usia anak, remaja, maupun dewasa, harapannya gerakan Pramuka bisa mencetak generasi penerus, yang cinta tanah air punya kompetensi, cinta alam dan cinta sesama manusia," tandasnya.

Sementara itu Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi R Yana Suyatna menerangkan, salam pramuka, kita bersyukur bahwa pada hari ini tanggal 14 Agustus, Pramuka berulang tahun yang ke-63. Di Hari Pramuka Ke-63 tahun 2024 ini ada beberapa kejutan, yang pertama di tingkat nasional kabupaten bekasi terpilih menjadi pemimpin upacara, dan petugas di tingkat nasional bersama-sama dengan DKI dan Banten. Ini merupakan satu penghargaan buat Kabupaten Bekasi ternyata anak-anak anggota kita luar biasa dan mampu berkiprah di tingkat nasional. 

"Alhamdulillah, di hari Pramuka Ke-63 ini juga tampil hasil-hasil karya dari Satuan Karya (Saka) Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Kencana dan lainnya, setelah upacara diakhiri dengan devile dengan semangat. Bahkan ada 3000 anggota Pramuka lebih yang hadir di tempat ini menjadi sesuatu yang memang luar biasa," terangnya.

Lanjut Yana, tahun depan kabupaten Bekasi diminta untuk menjadi tuan rumah jambore daerah. Sehingga kita harus mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya, terutama masalah air. Karena ini satuan terpisah artinya fasilitasnya harus disiapkan. Seperti mushola, kantin, toilet, kamar mandi, dan aula harus dua untuk putra dan putri.

"Tentu saja persiapan untuk Jambore daerah tahun depan ini memerlukan anggaran yang cukup besar juga kemarin kita sudah dengan badan anggaran agar support, dan mudah-mudahan kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah jambore daerah bisa tmenghasilkan kenangan yang terindah di Jawa Barat," pungkasnya.  (Manah/Agus)

Tag : No Tag

Berita Terkait