Loading

BPS Gelar Sensus Pertanian Mulai 1 Juni 2023


Penulis: Nanang
8 Bulan lalu, Dibaca : 237 kali


Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menerima audiensi Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang di ruang kerja kerjanya

SUMEDANG, Medikomonline.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang menggelar Sensus Pertanian 2023 (ST 2023) selama dua bulan, mulai 1 Juni sampai dengan 31 Juli 2023.

Hal tersebut terungkap saat Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menerima audiensi Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang di ruang kerja kerjanya, Kamis, 1 Juni 2023.

Kepala BPS Kabupaten Sumedang Dudi Barmana mengatakan, Sensus Pertanian bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif kegiatan pertanian yang mencakup subsektor tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan, dan jasa pertanian.

“Terimalah petugas kami dengan baik dan berilah data secara apa adanya, yaitu jujur,” ujarnya.

Disampaikan Dudi,  saat ini data-data sangat mudah diakses melalui Big Data dan sensus tersebut merupakan salah satu sumber dari Big Data tersebut.

"Nanti petugas sensus yang terdiri dari petugas lapangan, petugas pemeriksa dan Koseka, yakni organik BPS yang mengoordinasikan kegiatan Sensus Pertanian di masing-masing kecamatan akan diterjunkan dalam pelaksanaan sensus pertanian 2023 ini," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan usai audiensi menyampaikan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Sensus Pertanian 2023.

"Sensus ini sangat penting kaitannya dengan data riil yang ada. Harapannya akan terdata dan terpetakan berkaitan dengan pertanian di wilayah Sumedang," katanya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat memberikan data yang sesungguhnya.

“Hasil sensus nanti arahnya akan menentukan kebijakan-kebijakan ataupun strategi-strategi yang akan diambil oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang di bidang pertanian dan peternakan,” ujarnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait