Loading

Bupati Sumedang Raih Penghargaan Anugerah Tokoh Jawa Barat 2021


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
2 Tahun lalu, Dibaca : 703 kali


Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir kembali meraih prestasi yang membanggakan di penghujung tahun 2021.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Lagi dan lagi, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir kembali meraih prestasi yang membanggakan di penghujung tahun 2021.

Kali ini, Bupati diganjar penghargaan Anugerah Tokoh IJTI Jawa Barat 2021  kategori Kepala Daerah terbaik dalam pelayanan publik tingkat desa lewat transparansi keuangan melalui SAKIP dari Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia Jawa Barat (IJTI Jabar).

Penghargaan diserahkan oleh Ketua IJTI Pusat Heri Kurniawan kepada Bupati pada malam Anugerah Tokoh IJTI Jawa Barat 2021 di Grand Hotel Preanger Jl. Asia Afrika, Bandung, Senin (13/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IJTI yang telah memberikan penghargaan kepada Sumedang melalui salah satu inovasinya SAKIP desa.

Penghargaan ini, kata Bupati, merupakan  inspirasi dan motivasi bagi Pemda  untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Sumedang

"Penghargaan itu bonus, kita  menjalankan tugas negara sejatinya untuk kesejahteraan masyarakat. Itu yang kita harapkan," tuturnya.

Bupati menjelaskan, SAKIP desa ini merupakan tata kelola pemerintahan berbasis kinerja yang berorientasi pada hasil. Kehadiran SAKIP Desa ini, menurut Bupati, dilatar belakangi besarnya dana desa yang belum berdampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Agar dana desa berdampak signifikan untuk mengentaskan kemiskinan, menurunkan stunting dan meningkatkan kepuasan publik maka kami hadirkan e-SAKIP Desa yang Indikator kinerja utamanya (IKU) hanya ada tiga," jelasnya.

Dikatakan Bupati, agar dana desa berdampak signifikan untuk menurunkan angka kemiskinan dan stunting, pemda juga berupaya mendata secara akurat berdasarkan by name by adress dan diperjanjikan setiap tahun dengan  camat melalui materai.

Selain menurunkan angka kemiskinan dan stunting, dana desa melalui e-office desa ini juga diarahkan meningkatkan indeks kepuasan masyarakat.

"Inilah yang kami lakukan sebagai bagian solusi untuk mengentaskan kemiskinan di desa dan sekarang diapresiasi IJTI. Terimakasih IJTI, mudah mudahan bisa terus berkolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait