Loading

Bupati Minta Expo PPC Lebih Ditingkatkan Menopang Perekonian Masyarakat


Penulis: Herz_Cms
4 Bulan lalu, Dibaca : 628 kali


Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM Saat Memberikan Sambutan dan Pembukaan Expo PPC 2023 di Lapang Desa Tanjungsari Kec. Banjaranyar, Senin pagi (18/12/2023).

CIAMIS, Medikomonline.com - Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM Senin pagi (18/12/2023) menghadiri undangan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Desa Tanjungsari Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis di Lapang depan Kantor Desa Tanjungsari.

Hadir beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau para Kepala Dinas terkait, Muspika Kecamatan Banjarsari dan para kepala desa se-Kecamatan Banjaranyar.

Bupati merasa bahagia di undang hadir oleh Desa dalam rangka HUT Desa Tanjungsari yang ke-11 tahun dan diisi acara Expo Pembudidayaan Perikanan Ciamis (PPC) yang ke-3.

Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan warga Desa Tanjungsari Kecamatan Banjaranyar terutama masyarakatnya sangat potensi dalam mengembangkan usaha disemua sektor. 

Foto: Bupati Foto Bersama dengan Para Kepala Desa yang Ada di Kecamatan Banjaranyar.

"Ini harus lebih ditingkatkan, baik budidaya ikan Gurame soang dan hasil tani lainya disekitar,"terang Bupati.

Jika dilihat dari topografi atau kondisi alam Ciamis ini, Alhamdulillah, Alloh SWT telah memberikan banyak keberkahan, kesuburan atau kemakmuran.

Air yang melimpah inipun tentu membawa dampak positif bagi kita yang hendak mau memikirkan menjadi hal positif, seperti budidaya ikan, hasil tanaman palawija dan usaha hewani lainnya sangat mendukung, "katanya.

Bupati juga meminta maaf, di penghujung akhir jabatannya yang akan habis 31 Desember 2023 mendatang dan hanya tinggal beberapa minggu kedepan inipun, sudah hampir 5 tahun dirinya menjabat menjadi Bupati.

"Meminta maaf jika selama menjabat masih banyak kehilafan dan kekurangan yang belum terbantu.

Sebagaimana yang tadi disebutkan Kepala Desa tadi dalam sambutannya sejak kurang lebih 3 tahun Kepala Desa Tanjungsari menjabat Pemkab Ciamis sudah memberikan bantuan pekerjaan jalan dengan di aspal (hotmix) kurang lebih 5 kilo meter.

Menurut Bupati, "Membangun fisik itu sangat mudah, siapapun bupati atau kepala desanya itu gampang, apalagi ada uangnya, "ujar Bupati.

Akan tetapi, Alhamdulillah meski keberadaan APBD Ciamis pasca terjadi Corona/Covid 19 di tahun 2020 yang lalu kurang lebih 3 tahun ini, APBD Ciamis mengalami samporet (devisit) karena ada pemangkasan (rekopusing) hampir 1 Trilyun.

"PAD Ciamis pertahun hanya 230 milyar, meski samporet pembangunan infrastruktur di Ciamis masih bisa tetap berjalan, " Ungkap Bupati.

Kejadian tersebut tentu masyarakat terkadang tidak mau tahu akan keadaan tersebut, yang terpenting bisa dibangun. Dan Alhamdulillah para kadis di Ciamis bisa mencari uang dari tingkat pusat hingga propinsi.

"Kewajiban-kewajiban atau gaji pokok baik siltap juga Ahamdulillah beres (rengse) bisa dibayar. Karena menurutnya, urusan makan (patuangan_perut) atau kebutuhan ekonomi keluarga tetap diutamakan. Meski kondisi APBD Ciamis ripuh tapi alhamdulillah siltap na perbulan kabayar. 



Foto : Bupati Ciamis bersama Para Kelompok Budidaya Ikan Gurame.

Dirinya sangat bahagia dengan adanya pembudidaya perikanan ciamis (PPC). "Ikan Gurame Soang ini jika nanti terus ditingkatkan maka akan menambah penguatan ekonomi bagi masyarakat dan daya beli, " Pintanya.

Herdiat juga menitik beratkan arti penting pembangunan non fisik seperti halnya pendidikan akhlak, mental anak ini perlu di tingkatkan.

"Apalagi era sekarang era tekhonologi (ITE) yang serba canggih dan bebas, ini perlu diantisipasi oleh kita semua baik orang tua, para guru dan kita semua, " Tegasnya.

Bupati menekankan, Desa bungsu ini harus meningkat disemua lini, baik ketahanan pangan terjaga ekonomi rakyatnya meningkat, "harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dipenghujung acara sekaligus membuka acara Expo PPC 2023, Bupati memberikan bantuan sembako untuk 50 anak yatim, dan boleh juga diberikan ke kaum dhuafa, "pungkasnya.

Tag : No Tag

Berita Terkait