Loading

Ciamis Dukung Program Regsosek


Penulis: Herz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 409 kali


Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, MM menyampaikan kepada seluruh perangkat pemerintah bantu Program Regsosek.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Program Pemerintah Pusat Republik Indonesia menuju sistem satu data program perlindungan sosial, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat atau disingakt Regsosek merupakan Reformasi Sitem Perlindungan Sosial melalui Registrasi Sosial dan Ekonomi.

Bupati Ciamis Dr. H.Herdiat Sunarya, MM, Jumat (23/09/2022) di ruang kerjanya meminta kepada seluruh masyarakat Ciamis untuk dapat menerima kedatangan petugas Regsosek mulai tanggal 15 Oktober – 14 Nopember 2022 dan memberikan jawaban yang sebenar-benarnya.  

Jawaban ini nantinya untuk data pemerintah yang terintegritas antara data kependudukan status/profil, kepemilikan juga tingkat pendapatan ekonomi bisa terinput sesuai hasil keterangan. Untuk itu, dimohon bagi masyarakat dapat memberikan jawaban yang sebenar-benarnya,” tegasnya.

Herdiat menghimbau kepada seluruh Camat, Kepala Desa, Kelurahan dan pihak terkait agar bisa membantu dan mengawal pendataan awal “Regsosek” ini dengan baik dan benar di wilayahnya masing-masing. 

Petugas Badan Pusat Statistik Wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Joni

Dikatakan Petugas Badan Pusat Statistik wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Joni kepada Medikomonline.com, bahwa benar saat ini pemerintah pusat sedang melakukan pendataan awal kepada masyarakat mengenai program yang nantinya akan tersistematik mulai dari data masyarakat sosial dan pendapatan ekonomi ini dapat tersentralisasi.

“Wilayah Banjarsari, Alhamdulillah sudah kami lakukan pendataan registrasi dan ini baru tahap awal selanjutnya nanti kita akan mengadakan pelatihan dan pendataan berjenjang,” katanya.  

Pendataan awal/registrasi ini bertujuan untuk mengumpulkan data seluruh penduduk yang terdiri dari atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan. Kami petugas di lapangan meminta izin kepada ketua/pengurus SLS dan mengenai wilayah yang ada.

Ini semua untuk untuk membangun negeri dan program ini adalah bagi seluruh penduduk indonesia sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi pada sistem perlindungan sosial.

Informasi yang kami kumpulkan mulai dari kondisi sosial ekonomi demografis, kondisi perumahan, sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan dan informasi sisial ekonomi lainnya.

Waktu pelaksanaan bulan Juli – Agustus 2022 kordinasi persiapan, September -  Oktober 2022 pelatihan Instruktur dan Petugas Regsosek, 15 Oktober – 14 Nopember 2022 Pendataan Lapangan dan 29 Oktober mendatang Malam Regsosek, katanya.   

Tag : No Tag

Berita Terkait