Loading

Mengurangi Resiko Bencana, FPRB Kecamatan Serang Baru Terbentuk


Penulis: Manah/Agus
1 Tahun lalu, Dibaca : 434 kali


Ketua FPRB Kecamatan Serang Baru Muhamad Asmin Kubil diberikan langsung bendera FPRB oleh Ketua FPRB Kabupaten Bekasi Tuty Yasin.

SERANG BARU, Medikomonline.com-Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bekasi bentuk kepengurusan FPRB Kecamatan Serang Baru, yang dilaksanakan di aula kecamatan serang baru, pada Rabu (5/10/2022). Pada kesempatan itu hadir pihak kecamatan serang baru, ormas, Karang Taruna, lembaga dan TNI-Polri.

Ketua FPRB Kabupaten Bekasi, Tuty Nurcholifah Yasin yang akrab disapa Tuty Yasin mengatakan, dibentuknya FPRB ini, sudah di atur dalam Undang-Undang 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, oleh karenanya untuk manajemen penanggulangan bencana, FPRB ini fokus dalam pengurangan resiko bencana.

"Perlu diketahui bersama. FPRB ini adalah mitra Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dan para pengurus yang tergabung di FPRB yaitu perwakilan dari stakeholder," kata Tuti Yasin.

Tuty Yasin juga menyampaikan, FPRB Kecamatan Serang Baru dibentuk untuk yang ke 18, dan  bertujuan ketika nanti terjadi Bencana alam, para pengurus sudah siap siaga baik edukasi untuk masyarakat dan atau sarananya.

"Dalam waktu dekat ini, Pengurus FPRB di 23 Kecamatan sudah tebentuk dan kemudian dilanjutkan pembentukan pengurus tingkat Desa dan Kelurahan," terangnya.

Nantinya Sambung Tuty, Para Pengurus FPRB tingkat Kecamatan ini akan memiliki tujuh bidang sesuai bidangnya dan nanti para pengurus tersebut akan menentukan titik-titik penting itu.

Dalam hal ini menurut Tuty Yasin, program yang sudah di buat dalam beberapa program kerja tersebut, salah satunya adalah edukasi ke masyarakat, misalnya cara mengevakuasi diri di rawan bencana, agar jika terjadi bencana tidak lagi bingung, karena sudah tahu pointnya.

"Bencana itu bukan hanya Bencana alam, ada bencana non alam itu juga termasuk kategori bencana. Untuk mengurangi resiko bencana itu kita mesti bersama-sama bukan hanya pengurus FPRB, tapi seluruh masyarakat berbagai elemen harus memberi kontribusi untuk mengurangi resikonya ," jelasnya.

Plt. Sekcam Serang Baru Cece menuturkan, pihak kecamatan serang baru dalam pembentukan pengurus FPRB sebagai fasilitator, dan sebagai pembina.

"Alhamdulillah ada organisasi sosial yang telah dibentuk di serang baru, saya ucapkan selamat kepada pengurus, semoga bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Sementara Ketua FPRB Kecamatan Serang Baru terpilih Muhamad Asmin Kubil menegaskan, dirinya terpilih menjadi Ketua FPRB atas kesepakatan formatur. Dan tidak bisa bekerja sendiri, karena ini merupakan organisasi, yang didalam atau kepengurusannya adalah orang-orang terpilih.

"Semoga selalu terjaganya kekompakan, kerjasama yang baik, komunikasi, hingga organisasi ini selalu hadir ditengah masyarakat yang baiknya saja, insya Alloh organisasi ini mendapatkan ridho dari Alloh SWT," tutupnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait