Loading

Instruksi Bupati Ciamis: Bersih Lingkungan dan Pemisahan Sampah, Langsung Dijalankan di Pelosok


Jurnalis; Herz_Cms
2 Tahun lalu, Dibaca : 788 kali


Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya (kedua dari kiri), Sekda Kabupaten Ciamis Dr H Tatang MPd (ketiga), Dr H Taufik Gumelar ST MM (belakang Sekda Ciamis) beserta jajaran Pemda Ciamis gelar Lounching Wo

CIAMIS, Medikomonline.com - Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menginstruksikan semua elemen melakukan bersih lingkungan dan pemisahan sampah. Hal itu disampaikan Herdiat Sunarya di Aula Setda Kabupaten Ciamis pada acara pemusatan aksi We Cleanup Day (WCD) dan Pilah Sampah dari Rumah, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, persoalan sampah jangan dianggap sepele. Karena hal sepele ini bisa menjadi sumber penyakit, dan bila menyumbat aliran air menyebabkan banjir. Jika disepelekan, sampah bisa berdampak negatif bagi kelangsungan sosial. 

WCD ini tetap dilaksanakan meski suasana pandemi Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan adanya perubahan perilaku jangka panjang yang dimulai dari individu, keluarga dan lingkungan terdekat serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari,” tegas Bupati.

World Cleanup Day di Kabupaten Ciamis ada tiga hal yang dikampanyeukan. Pertama, On Site Cleanup yaitu melakukan Cleanup bersama tentang masalah sampah di Kabupaten Ciamis. Ini adalah aktifitas fundamental WCD untuk menurunkan rendahnya kesadaran atas isu persampahan.

Kedua, Pilah Sampah dari Rumah yaitu mendidik masyarakat tentang limbah rumah tangga dan pentingnya memisahkan sampah kota dari rumah untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA.

Ketiga, Digital Cleanup tujuannya mendidik masyarakat tentang bahaya sampah digital yang berdampak atas Emisi Global dimana diproduksi oleh penggunaan elektronik dan tata Cloud dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Herdiat melakukan Lounching Smart Drop Box yang merupakan tekhnologi terbaru dalam bidang pengelolaan sampah khusunya sampah botol plastik yang memungkinkan masyarakat dapat mengumpulkan sampahnya ke tempat Smart Drop Box dan akan mendapatkan sejumlah uang dalam bentuk Dompet Digital yang dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan rumah tangga seperti air, listrik, asuransi dan lain lain.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bisa tumbuh kembali. Terlebih saat ini masih ada wabah covid-19 yang mengharuskan kita semua peduli akan kebersihan sehingga bisa terhindar dari berbagai virus dan penyakit dan menjadikan masyarakat yang tertib akan kebersihan pribadi, keluarga dan lingkungan,” terang Herdiat. 

Foto: Warga Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Sabtu siang (18/9/2021) gencar lakukan Bersih Lingkungan disetiap sudut. (Foto: Herz_Cms).

Di Berbagai Pelosok Gencar Lakukan Bersih Lingkungan

Sementara itu, pantaun Medikomonline.com di berbagai pelosok tampak warga gencar melakukan bersih lingkungan dan memilah sampah yang dimasukan ke dalam kendaraan bak sampah.

Seperti aksi warga bersama para staf Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis melalui Kepala Desa Ciherang Anjar Andriyana SAg dan Kasi Pelayanan Hasanudin, Sabtu siang (18/9/2021) tampak langsung gencar melakukan bersih lingkungan bersama warganya.

Diungkapkan Kasi Pemerintahan Ade Rismayanto, usai menerima surat perintah dari Kecamatan Banjarsari mengenai harus melaksanakan aksi bersih lingkungan dan pilah sampah, pihaknya langsung mensosialisasikan kepada seluruh warga. “Alhamdulillah antusias warga di kami sangat besar dan langsung kompak kami lakukan Sabtu ini,” terang Ade Rismayanto.

Tag : No Tag

Berita Terkait