Loading

Rapat Minggon Kecamatan Cibarusah Bahas Simulasi Bencana dan Persiapan P2WKSS


Penulis: Iwan Gunawan
0 Tahun lalu, Dibaca : 285 kali


Rapat Minggon Kecamatan Cibarusah dipimpin langsung oleh Camat Cibarusah Rusdi Azis di ruang Aula Kecamatan Cibarusah.

BEKASI, Medikomonline.com  - Rapat Minggon Kecamatan Cibarusah  yang dipimpin langsung oleh Camat Cibarusah Rusdi Azis di ruang Aula Kecamatan Cibarusah, Rabu (03/05/23)  membahas  simulasi bencana dan persiapan P2WKSS. Dalam pembukaan rapat Minggon Camat Rusdi Azis menyampaikan Minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir batin.

Dalam paparannya Camat Rusdi mengatakan, di wilayah Cibarusah akan diadakan simulasi bencana dengan BPBD Kabupaten Bekasi yang  tentunya dengan aparat desa yaitu kepala desa dan perangkat Desa, RT, RW serta peran masyarakat berikut aparat keamanan Polsek dan Koramil. Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi datangnya bencana.

“Bila bencana datang masyarakat tidak panik, tapi kita enggak mau ada bencana siapa yang mau ada bencana semuanya juga pasti tidak akan mau,” kata Camat.

Camat Rusdi menanyakan masalah pencairan dana ADD Desa. “Nanti pajaknya juga harus dibayar serta kegiatan fisik dan non fisik yang dilaksanakan di desa masing-masing harus dilaksanakan dengan baik dan benar hati-hati dalam penggunaan anggaran, tegas Camat Rusdi kepada Kepala Desa.

Mengenai lomba P2WKSS harus terlaksana dengan baik nanti untuk rapat Minggon minggu depan akan dilaksanakan di Desa Ridogalih,tutur Camat.

DanRamil Cibarusah Kapten Arh Joedi Narto juga mengucapkan minal aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin untuk keamanan lingkungan perlu terus ditingkatkan karena akhir-akhir ini banyak kejadian pembegalan motor di jalan pada malam hari yang terjadi  di wilayah Cikarang Selatan masih tetanggaan wilayahnya dengan Cibarusah.

Karena itu saya selaku DanRamil mengingatkan agar para Kepala Desa dan jajaranya untuk terus meningkatkan siskamling di wilayahnya masing-masing bersama warga menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau perlu tangkap itu pelaku begalnya dan lapor pada Polisi, supaya pelaku begal bisa menjadi efek jera, tegas Joedi.

Untuk kegiatan TMMD nantinya akan dilaksanakan, untuk jalur hijau jangan diganggu bila perlu terus dijaga dan dipelihara dengan baik, masalah stanting di Cibarusah sudah menurun, pungkas Joedi.

Korwil Cibarusah Hj. Marpuah menyampaikan pada kegiatan lomba P2WKSS nanti untuk perpustakaan yang dikelola oleh desa masing-masing agar ditingkatkan dan dapat dijaga dengan baik dan perpustakaannya menjadi pusat baca bagi masyarakat yang ada di desa.

Husen selaku Kepala KUA Cibarusah mengatakan, dalam rapat Minggon nanti di Desa Ridogalih yang berbarengan dengan kegiatan P2WKSS, akan diadakan sidang isbat untuk warga Cibarusah bagi yang belum memiliki surat nikah, hanya 150 orang saja dengan syarat-syarat photo copy KTP, KK, Pas Photo dengan menghadirkan 2 pasangan yang bersangkutan dan 2 orang saksi untuk warga yang akan daftar dalam sidang isbat.

“Nanti saya mohon agar kepala desa memberitahukan kepada warganya, dan hakimnya langsung dari Pengadilan Agama Kabupaten Bekasi. Ini penting bagi warga yang belum memiliki surat nikah resmi,” kata Husen.

Untuk calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, ungkap Husen, jamaah haji Indonesia dari Cibarusah berjumlah 75 orang, sedangkan Bojongmangu berjumlah 35 orang. “Batas melunasinya tanggal 5 Mei ini bagi jamaah haji yang belum lunas dan nanti dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik haji bagi jamaah haji Cibarusah dan Bojongmangu bimbingan manasik hajinya disatukan tempat manasik hajinya di Perumahan Mega Regency Serang Baru,tutur Husen.

Bagi calon penganten yang akan menikah harus melampirkan surat keterangan sehat dari Puskesmas Cibarusah, pungkas Husen.

Sekcam Cibarusah Nana mengingatkan pada semua kegiatan yang ada di desa masing-masing untuk parkir kendaraannya nanti harus disediakan oleh desanya masing-masing agar pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sebelumnya Sekcam Nana mengabsen kepala desa yang hadir mengikuti rapat Minggon. Kepala desa yang hadir hanya tiga orang, Abu Bakar Kepala desa Cibarusah Jaya, Ridwan Sunarya ( Samid) Kepala Desa Sirnajati, Anden Kepala Desa Ridomanah. Kepala desa yang lainnya diwakili Sekdesnya masing-masing. 

Tag : No Tag

Berita Terkait