Loading

Ciamis Menjadi Pilot Project Cerdas Ikan


Jurnalis : Herz_Cms.
11 Bulan lalu, Dibaca : 263 kali


Sekda Ciamis, Dr. H. Tatang, M. Pd Didampingi Staf dan Jajarannya Terima Kunjungan KKP.

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Pemerintah Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat kembali lagi menjadi pilot project Desa Cerdas Ikan atau yang disebut istilah Smart Fisheries Village (SFV).

Penerimaan kunjungan dari Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementrian Kelautan Perikanan (KKP) RI itupun disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M. Pd di Ruang Opp Room Sekretariat Daerah, Rabu siang (03/05/2023).

Sekda didampingi Asisten Daerah Pemerintahan, Kadis Peternakan dan Perikanan beserta para Kepala SKPD lainnya menyambut gembira kedatangan perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Kabupaten Ciamis terpilih menjadi salah satu lokasi pilot project program Smart Fisheries Village (SFV) atau Desa Perikanan Cerdas KKP RI tepatnya di Kampung Nila, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Smart Fisheries Village sendiri merupakan program yang dikembangkan Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui BRSDM untuk memperkuat kemandirian desa berbasis usaha perikanan.

Salah satu perwakilan Tim BRSDM, Yuli Aprilia mengatakan program itu digalakkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk menyukseskan program inovasi yang sejalan dengan prinsip ekonomi biru.

"Program ini dalam pelaksanaannya ingin memadukan pertumbuhan ekonomi, bekerja bersama masyarakat, tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, dan berbasis digital teknologi kekinian," ungkapnya.

Ia mengungkapkan program ini merupakan tahun ke dua dilaksanakan, dan Kabupaten Ciamis beserta tujuh Kabupaten Kota lainya terpilih untuk pilot project pengembangan program SFV ini.

"Adanya program ini menjadikan kegiatan ekonomi menjadi lebih beragam, seperti adanya spot wisata hingga produksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Salah satu proyek SFV yang sudah dilakukan berada di Desa Penembangan, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah," ujarnya.

Maka dari itu, Ia menuturkan Kolaborasi dan membangun Komitmen bersama Pemerintah Daerah baik Kadis, Camat dan Kepala Desa menjadi salah satu kunci keberhasilan terlaksananya Program tersebut.

Foto : Sekda Ciamis dan Jajarannya Foto Bersama dengan Perwakilan Kementerian KP RI

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah H. Tatang mengungkapkan terpilihnya Desa Kawali untuk program SFV ini merupakan suatu penghargaan dan Kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Ciamis.

"Mudah-mudahan ini merupakan salah satu jalan kesuksesan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di Desa Kawali umumnya bagi masyarakat di Kabupaten Ciamis," jelasnya.

Sekda berharap, program seperti ini tidak hanya dilaksankan di Desa Kawali saja tapi bisa juga dilaksanakan di desa-desa lain di Kabupaten Ciamis, pasalnya hampir semua desa memiliki potensi yang sama terlebih di bidang perikanan.

"Pilot project ini hendaknya bagi desa-desa lainya juga, sebab setiap desa pasti mempunyai kolam-kolam ikan, terlebih  Ciamis adalah daerah agraris yang melekat dengan perikanan, peternakan dan pertanian," jelasnya.

Yang lebih penting menurut Sekda adalah penyuluhan dan pendampingan dapat dilaksanakan dengan optimal sehingga ketika program ini selesai dapat dilanjutkan oleh masyarakat.

"Insyallah Kami bersama Pak Bupati akan menindaklanjutinya, mudah-mudahan komunikasi dan koordinasi tidak terputus dan kami akan senantiasa respon dan kooperatif," pungkasnya.  

Tag : No Tag

Berita Terkait