Loading

Sumedang Jadi Tujuan Studi Lapangan PKP Kabupaten Grobogan


Penulis: Nanang
9 Bulan lalu, Dibaca : 310 kali


Sekda Sumedang Herman Suryatman menerima peserta Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Tahun 2023 Kabupaten Grobogan di Command Center Pusat Pemerintahan Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com - Kabupaten Sumedang kembali menjadi tujuan studi tiru dari kabupaten lain. Kali ini kunjungan datang dari peserta Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Tahun 2023 Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.

Peserta PKP yang terdiri atas 40 orang dipimpin oleh Kepala BKPPD Grobogan Padma Saputra dan diterima Sekda Sumedang Herman Suryatman di Command Center Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Selasa (4/7/2023).

Kunjungan difokuskan pada _sharing_ ilmu pengetahuan dan pengalaman terkait program dan inovasi Pemkab Sumedang khususnya mengenai pengembangan SDM (Sistem Merit), SPBE, penanganan Stunting peningkatan pajak dan retribusi daerah di Sumedang.

Sekda Herman Suryatman menyampaikan, Pemkab Sumedang  sangat terbuka berbagi pengalaman terkait transformasi digital dan tema lainnya dengan daerah lain.

"Kami terbuka untuk _sharing_ sistem merit, penanganan stunting maupun peningkatan pajak, termasuk pelayanan publik," tuturnya yang hadir didampingi beberapa kepala OPD.

Dirinya mengungkapkan, "lompatan" birokrasi dapat dibantu  teknologi informasi sebagai untuk menyejahterakan masyarakat, termasuk dalam menurunkan angka stunting, kemiskinan, serta memudahkan pelayanan publik termasuk meningkatkan perekonomian.

"Melalui penerapan SPBE, Pemkab Sumedang berharap dapat membantu kabupaten atau kota lain untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya dalam layanan digital," katanya.

Sementara itu, Kepala BKPPD Grobogan Padma Saputra memuji penerapan teknologi informasi di Sumedang.

Menurutnya, data yang digunakan bisa menjadi salah satu bagian solusi untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat.

"Luar biasa ini, teknologi ini bisa memecahkan solusi berbagai permasalahan. Tadi hanya klik saja sudah bisa melihat data semuanya," ucapnya.

Ia pun berharap pertemuan tersebut membawa perubahan yang berarti bagi daerahnya dalam penerapan SPBE.

"Mudah mudahan dengan pertemuan ini, ada perubahan signifikan dalam impelementasi SPBE di daerah kami," tuturnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait