Loading

Sumedang Segera Canangkan Gerakan Revolusi Putih


Penulis: Nanang
2 Bulan lalu, Dibaca : 106 kali


Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Sumedang Tono Suhartono usai memimpin apel gabungan di lingkup Pusat Pemerintahan Sumedang.

SUMEDANG, Medikomonline.com -   Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam waktu dekat akan mencanangkan gerakan Revolusi Putih.

Gerakan ini diartikan peningkatan konsumsi susu bagi Balita dan anak-anak usia sekolah dengan tujuan terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui perbaikan gizi sejak dini. 

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman usai memimpin apel gabungan di lingkup Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Senin (5/2/2024). 

"Gerakan ini dilaksanakan sebagai upaya menciptakan generasi muda yang sehat dengan asupan gizi (protein) yang cukup. Lebih dari itu, tujuan utamanya adalah mempersiapkan anak-anak kita menjadi anak yang sehat, cerdas, kuat dan bebas dari stunting," ucap Pj Bupati Sumedang. 

Menurut Pj. Bupati, generasi sehat cerdas dan bebas stunting sangat penting untuk memastikan pembangunan berkelanjutan. 

"Sehat bukan hanya secara fisik, tapi juga mental dan kerohanian. Untuk itu, diperlukan konsumsi gizi dan nutrisi yang cukup," ujarnya. 

Hal tersebut tentu saja perlu didorong oleh seluruh stakeholders dan dinas-dinas terkait di Kabupaten Sumedang. 

"Seperti Dinas Peternakan yang akan menjamin kesehatan hewan serta  menyuplai ketersediaan susu murni. Kemudian Dinas Pertanian yang menjamin ketersediaan pakan yang sehat, dan Dinas Pendidikan yang akan membantu distribusi  gerakan Revolusi Putih pada tiap-tiap sekolah," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang Tono Suhartono saat mendampingi Pj Bupati  mengatakan, potensi susu murni yang dihasilkan di Kabupaten Sumedang sangat tinggi dan cukup untuk mendukung pelaksaan Revolusi Putih di Sumedang. 

"Secara garis besar saat ini produk susu disetorkan ke Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kabupaten Sumedang dan Industri Pengolah Susu (IPS) yang berada di luar Kabupaten Sumedang," katanya. 

Ia menambahkan, pasokan susu murni yang disalurkan ke industri-industri rumah tangga di Kabupaten Sumedang, meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan. 

"Produksi susu sapi murni yang dihasilkan di Kabupaten Sumedang yakni 9.400 liter per hari. Sedangkan untuk susu kambing murni dihasilkan 1.500 liter per minggu," ucapnya. 

Ia menyebutkan, daerah penghasil susu murni di Kabupaten Sumedang yakni di Kecamatan Rancakalong dan Kecamatan Cimanggung (susu kambing). Adapun untuk penghasil susu sapi terbanyak ada di Kecamatan Pamulihan dan Tanjungsari. 

"Dengan adanya gerakan (Revolusi Susu) ini, masyarakat akan terpacu untuk minum susu murni. Selain itu, masyarakat harus mengetahui manfaat susu murni khususnya bagi anak-anak," pungkasnya. (Nanang)

Tag : No Tag

Berita Terkait