Loading

"Pesta Wirausaha Muda", Ruang Ekspresi Publikasikan Produk Karya Siswa


hms / editor : Edie ns
1 Tahun lalu, Dibaca : 235 kali


Ratusan siswa SMK Jawa Barat memeriahkan "Pesta Wirausaha Muda" yang berlangsung di Politeknik Negeri Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Senin (20/3/2023). foto:net

BANDUNG, Medikomonline.com - Ratusan siswa SMK Jawa Barat memeriahkan "Pesta Wirausaha Muda" yang berlangsung di Politeknik Negeri Bandung (Polban), Jln. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, Senin (20/3/2023).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Polban Bandung. "Polban sebagai inisiator, berkolaborasi mengadakan kegiatan ini," ujar Ketua Kordinator Sekolah Pencetak Wirausaha Jabar, Junjun Nugraha S.  

Menurutnya, tujuan diadakan kegiatan ini untuk memberikan ruang ekspresi dalam memublikasikan produk karya siswa, melatih mental berwirausaha, dan mengasah jiwa kewirausahaan para siswa. 

 Junjun mengungkapkan, tak kurang ada 300 produk dalam kegiatan ini. "Kalau saya lihat, dirata-ratakan di satu stan ada dua sampai tiga (produk). Ada produk jasa dan ada juga yang memberikan kesempatan usaha di bidang lain, misalnya pengadaan alat-alat serta program," tuturnya. 

Junjun pun mengajak seluruh siswa di Jawa Barat untuk berani memulai berwirausaha. "Untuk siswa-siswi SMK Jawa Barat, jangan pernah takut untuk melakukan (wirausaha), coba lakukan. Apa pun hasilnya, kita sudah melakukan yang terbaik," ajaknya.

Salah seorang siswa, Sheshilia mengungkapkan, kegiatan ini menjadi wadah dalam mengenalkan dan menjual produk siswa. "Alhamdulilah, sudah banyak yang terjual. Penjualan biasa kita lakukan lewat pameran seperti ini, brosur atau menghubungi langsung sekolah, " tutur siswa jurusan mekatronika ini.

Salah satu produk yang dihasilkan, yaitu mesin 3D printer karya siswa jurusan mekatronika SMKN 2 Cimahi.(hms)***

Tag : No Tag

Berita Terkait