Loading

Sebanyak 220 Siswa Unjuk Gigi di Ajang FLS2N SMK Tingkat Jabar


hms / editor : Edie ns
7 Bulan lalu, Dibaca : 325 kali


Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya membuka FLS2N SMK Tingkat Jabar di SMKN 10 Bandung, Senin (26/6/2023).

ANDUNG, Medikomonline.com — Sebanyak 220 siswa SMK di Jawa Barat (Jabar) mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tingkat Jabar di SMKN 10 Bandung, Senin (26/6/2023).

Berlangsung selama dua hari, para siswa akan menunjukkan bakatnya di delapan bidang lomba berbeda. Yaitu, menyanyi solo, instrumen gitar solo, film pendek, tari kreasi, monolog, musik tradisi, cipta lagu, dan seni kriya. Perlombaan digelar di dua tempat, yakni di SMKN 10 Bandung dan SMKN 14 Bandung.  

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya membuka langsung kegiatan tersebut dengan tabuhan kendang. 

Kadisdik menegaskan, para peserta adalah siswa terbaik di tiap kota dan kabupaten. “Siapa pun nanti yang menang, tetaplah rendah hati dengan hasil yang dicapai. Karena, esok lusa harus berjuang kembali di tingkat nasional dan terus berjuang di kehidupan yang sesungguhnya,” pesannya. 

Sedangkan yang belum berhasil, Kadisdik mendorong para siswa untuk terus semangat dan menunjukkan daya juang yang tinggi. “Seperti kupu-kupu yang sayapnya akan kuat jika ia bisa membuka kepompongnya sendiri. Itu pentingnya karakter daya juang untuk menjadi lebih baik,” serunya. 

Kadisdik pun menantang generasi muda agar bisa membawa budaya bangsa dalam mempengaruhi budaya bangsa lain, seperti yang Jepang dan Korea lakukan saat ini. “Jika hari ini belum banyak, suatu saat di zaman Adik-adiklah budaya kita bisa lebih berkembang. Saat ini kita belajar seni budaya, suatu saat kita tidak hanya jadi pengguna, tapi harus menjadi pencipta, berakselerasi, dan berinovasi dalam berbagai hal,” tuturnya.

FLS2N Bangun Karakter Bangsa melalui Penanaman Jiwa Seni Siswa

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdik Jabar, Edy Purwanto menjelaskan, FLS2N bertujuan membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni siswa. Serta menjadi ajang pelestarian nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. “Selain itu, meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni, mengasah jiwa kompetitif, dan media promosi kompetensi siswa kepada dunia usaha dan dunia industri,” terangnya. 

Edy menambahkan, juara 1 di tiap mata lomba akan mewakili Jabar di FLS2N tingkat nasional. Secara keseluruhan, ada 419 orang dari 24 kabupaten/kota yang terlibat pada perhelatan ini. Meliputi 220 peserta, 139 pembimbing, 24 juri, dan 36 panitia.***

Tag : No Tag

Berita Terkait