Loading

Sekda: Forum OSIS Media Asah Kepemimpinan


Penulis: Nanang
1 Tahun lalu, Dibaca : 246 kali


Sekda Herman Suryatman saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Forum OSIS Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2023-2024 di Aula Tampomas

SUMEDANG, Medikomonline.com - Forum OSIS Kabupaten Sumedang adalah forum yang strategis dan penting dalam upaya mengasah kepemimpinan baik karakter, kompetensi dan literasi di kalangan pelajar Kabupaten Sumedang.

Hal itu disampaikan Sekda  Herman Suryatman saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Forum OSIS Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2023-2024 di Aula Tampomas, Selasa (4/4/2023).  

Sekda mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, untuk berhasil di segala bidang, diperlukan sekitar 80 persen _soft skill_ dan 20 persen _hard skill_ saja.

" _Soft skill_ terkait kepemimpinan yang salah satu medianya adalah aktif di Forum OSIS. Karena anak-anak akan belajar berorganisasi dan membangun hubungan  Mudah-mudahan ini menjadi bekal masa depan mereka," ujarnya.

Dikatakan Sekda, saat ini dan ke depan pemimpin tidak dilahirkan,tapi dicetak.

Oleh karena itu, Forum OSIS  menjadi salah satu ikhtiar untuk mencetak para pemimpin pemimpin di masa depan.

"Selamat untuk pengurus Forum OSIS. Mudah-mudahan bisa melaksanakan tugas dengan baik dan bisa menjadi _agent of change_. Agen perubahan untuk damai, tidak tawuran, untuk belajar dan menjadi agen perubahan untuk mendorong Sumedang yang lebih baik. Dimulai dari sekolah," ungkapnya.

Sebagai Informasi, pengurus yang dilantik terdiri dari perwakilan semua siswa SMA, SMK, baik negeri dan swasta di Sumedang.

Dewi Umi Hani siswi SMK PPN Tanjungsari dipercaya menjadi Ketua Forum OSIS  Sumedang.

Acara pelantikan juga dimanfaatkan untuk Deklarasi Damai Anti Kekerasan sebagai komitmen seluruh siswa-siswi beserta segenap warga sekolah untuk hidup damai dan menolak kekerasan dalam bentuk apapun.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Jawa Barat, Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang, serta MKKS SMK dan MKKS SMA se-Kabupaten Sumedang. 

Tag : No Tag

Berita Terkait