Loading

Terkait Anggaran Miliaran Rupiah Kejari Bale Bandung Diminta Periksa Kadis Pakan


edie ns
2 Bulan lalu, Dibaca : 140 kali


Ir. Ina Dewi Kania, MP

SOREANG, Medikomonline.com -  Kajari Bale Bandung diminta periksa Kepala Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bandung, Ir. Ina Dewi Kania, MP terkait anggaran miliaran yang digunakan untuk membiayai kegiatan Pengelolaan dan Keseimbangan Cadangan Pangan Kabupaten/Kota , Pengadaan Cadangan Pangan di Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung.  Kegiatan ini dilakukan  melalui system Swakelola yang dananya bersumber dari APBD Kabupeten Bandung Tahun Anggaran  2023 yang lalu tidak diketahui kemana dan  kapan dibelanjakan.

Hal ini dikemukakan Samuel Sembiring dari LSM Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) kepada Medikom dan Medikomonline.com  di Bandung belum lama ini. Ditambahkannya, pelaksanaan kegiatan yang menggunakan uang rakyat sebaiknya dilakukan dengan transparan,sehingga masyarakat bisa mengawal pelaksanaannya dari awal hingga tuntas. “Apalagi kegiatan ini menggunakan  system swakelola yang melibatkan pihak  perusahaan swasta sebagai mitra dalam pelaksanaannya,” ujar Samuel Sembiring.

Seperti yang diberitakan oleh Koran ini pada Edisi 829 Tahun XXII (26 Februari s/d 10 Maret 2024) Halaman 1.Koran Ini Dana Pengadaan Cadangan Pangan Kab. Bandung, Kemana Dikucurkan? Medikom sudah beberapa kali membuat surat Konfirmasi Tertulis yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung,  Namun sampai saat ini belum ada jawaban.

Beberapa kegiatan yang dipertanyakan oleh Medikom tersebut yakni diantaranyaPengadaan Cadangan Pangan dengan Anggaran Rp  6.246.323.000,  Pengadaan Cadangan Pangan dengan Anggaran Rp 213.547.700, Pengadaan Cadangan Pangan dengan Anggaran  Rp 1.994.000.000, dan  Pengadaan Cadangan Pangan dengan Anggaran  Rp 4.456.000.000

Kepala Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bandung, Ir. Ina Dewi Kania, MP  sepertinya enggan untuk menjawab surat Konfirmasi Medikom tersebut. Buktinya tiga kali wartawan Medikon datang ke Kantor Dinas untuk menanyakan jawaban surat konfirmasi tersebut, tetap tidak ada, malah pihak kepala dinas mengutus stafnya yang bernama Iman untuk menemui Medikom. Menurut Iman ibu kepala Dinas tidak akan menjawan surat konfirmasi Medikom

“Kepala Dinas tidak akan menjawab surat Medikom, karena dana tersebut tidak dikelola di dinas ini,” ujar Iman. Dan selanjutnya Iman sesuai dengan printah Kepala Dinas  Pangan dan Perikanan, menyarankan Medikom agar membuat surat konfirmasi ke PT. Bandung Daya Sentosa yang beralamat di Gedung Baznas Lantai  3 Jl. Gading Tutuka Soreang, karena menurutnya dana tersebut seluruhnya dikelola di perusahaan itu sebagai mitra Dinas Pangan dan Perikanan. Iman megatakan setelah dibuat surat untuk PT. Bandung Daya Sentosa pihaknya akan menjembatani pertemuan Medikom dengan pihak PT. Bandung Daya Sentosa. Namun apa yang dikatakan Iman tersebut tidak terbukti. (*)

 

 

Tag : No Tag

Berita Terkait