Loading

TIM PENILAI DISDIK PROVINSI JABAR SUPPORT SMA XIX-5 KOTA CIREBON TINGKATKAN KOMPETENSI


Penulis: Hafidz
4 Bulan lalu, Dibaca : 239 kali


Tim Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

CIREBON, Medikomonline.com - Tim Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui Kantor Dinas Cabang (KCD) X Jawa Barat belum lama ini melakukan kegiatan PPKS di ruang Laboratorium SMA XIX-5 Kota Cirebon pada Rabu ( 20-12-2023) pagi.

Hadir dalam acara di Sekolah milik Yayasan Kartika Jaya tersebut perwakilan dari KCD X Disdik Provinsi Jabar yang diwakili oleh Pengawas Pembina Dra.Hj.Eti Heryati,M.Pd dan Budi Cahyadi,S.T,Kepala Sekolah SMA-XIX-5 Siti Wahhyuni.S.Pd.M.Pd,para guru,staf termasuk 

Komite Sekolah serta Komponen lainnya dari sekolah yang terletak dibilangan Jalan Karang Jalak No. 6I Kota Cirebon tersebut.

Eti Heryati dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin pihaknya dan berharap agar pihak sekolah terus menerus meningkatkan kualitas baik secara akademik maupun non akademik dan mampu berkompetensi diera digital ini sebab menurutnya itu dapat terwujud manakala ada sinergitas atau kerjasama yang baik antara kepala sekolah,guru,tenaga kependidikan dan seluruh warga sekolah yang memiliki komitmen pada integritas bersama dalam memajukan sekolah.

"Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memiliki program tahunan menilai kinerja Kepala Sekolah.Kegiatan tersebut adalah Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang bertujuan menilai kinerja Kepala Sekolah dalam kurun waktu satu tahun terakhir dan saya berharap agar semua kompenen untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan sebagai bentuk tanggungjawab bersama demi kemajuan anak didik kita," ujar Eti Heryati.

Eti Heryati menambahkan pihaknya menggunakan parameter dalam menilai kinerja Kepala Sekolah,setiap komponen PKKS dinilai mendasar pada komponen bukti fisik yang ada.selanjutnya dokumen hasil PKKS ditandatangani pengawas penilai.

" Kegiatan PKKS ini diantaranya melalui pemeriksaan dokumen,observasi,kuesioner dan wawancara dengan warga sekolah baik guru,siswa dan orang tua siswa dalam rangka verifikasi dan validasi terhadap data serta informasi melalui instrumen PPKS termasuk pengembangan diri dan orang lain, kepemimpinan pembelajaran dan kepemimpinan manajemen sekolah," tambah Eti Heryati kepada Media Medikom disela acara.

Sementara itu, kepada sekolah,Siti Wahyuni S.Pd. MPd mengucapkan terimakasih Kepada Tim Penilai PKKS yang telah memberikan nasihat,pembinaan dan masukan yang positif sehingga dapat memacu lebih semangat untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik demi kemajuan sekolah.

"Atas nama pribadi dan warga Sekolah SMA XIX-5 Kota Cirebon menyampaikan terimakasih atas kegiatan PKKS ini khususnya kepada ibu Pengawas Pembina yang telah memberikan masukan serta nasehat yang sangat positif sehingga dapat menjadi motivasi kami untuk lebih maksimal memajukan mutu sekolah," ujar Siti Wahyuni.

Setali tiga uang hal yang sama diutarakan Wakasek Kesiswaan Noviya S Sahertian yang berharap agar kedatangan tim PKKS Provinsi Jabar ini bukan dianggap hal seremonial semata bagi warga atau komponen sekolah namun harus diimplementasikan untuk bersama mengevaluasi untuk kemajuan bersama demi kemajuan sekolah itu sendiri.

"Apa yang sudah dipaparkan oleh ibu Eti Heryati selaku salahsatu tim penilai PKKS sangat berguna bagi kami untuk terus melakukan upaya yang lebih maksimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami ini," pungkas Noviya S Sahertian. (Hafidz/ Medikom online)

Tag : No Tag

Berita Terkait