Loading

Yasin Sulaiman Pekerja Seni Full Time


Penulis: Syah Ma'mur/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 5480 kali


Yasin Sulaiman

Youtube: Yasin Sulaiman IG: @yasinsulaiman

BANDUNG, Medikom – Muhammad Yasin Sulaiman lahir di KL 30 Oktober 1975. Nama populisnya di dunia entertain adalah Yasin. Pria lulusan Universitas Malaya KL ini memulai karier di entertain bersama group Brothers (sekarang The Brothers) yang sangat tenar di komunitas Nasyid.

Selama 21 tahun sudah saya mengikuti karya karya Yasin dan sepak terjangnya yang unik di industri musik negara-negara serumpun. Syukur alhamdulillah atas keberkahan bulan Syawal dan bantuan Haji Farihin saya bisa dihubungkan dengan Yasin dan menginterviewnya by call.

Yasin Sulaiman adalah pekerja seni full time dengan peranan sebagai artis penyanyi, aktor, kompuser musik, arrangger musik, juga penulis lirik. Sangat lengkap memang 'gelarnya' Yasin untuk seorang public figure.

Dalam satu kesempatan big project entertain, Yasin pernah mendapat dua peran sebagai aktor film dan sebagai penyanyi dalam Film Syukur 21 dengan bintang utama group RAIHAN bersama pelakon- pelakon tenar Malaysia. Dalam film Syukur 21 original soundtrack lagu Itiraf dinyanyiin Yasin Featuring RAIHAN.

Untuk lebih all out dalam industri musik tanpa mengenal batasan genre musik, Yasin mendapatkan projek sebagai pencipta lagu Dato Siti Nurhaliza. Gayung terus bersambut oleh musisi-musisi yang lain bak kekuatan 'magnet', Malique Too Phat meminta Yasin untuk membuat part lirik Bahasa Arab lagu Alhamdulilah versi bahasa Melayu. Lagu Alhamdulillah adalah projek solid 3 Negara serumpun dengan deretan artisnya, Dian Sastro dari Indonesia, Yasin & Too Phat dari Malaysia, dan Ahli Fiqir dari Singapura.

Seperti judulnya Alhamdulillah, Syukur Alhamdulillah lagu ini booming di pasaran, masuk chart utama lagu MTV musik, serta selalu di-play on air di radio-radio 3 negara serumpun. Power lagu Alhamdulillah terletak pada kekuatan pesan pada lirik yang sangat mudah diterima oleh semua kalangan tanpa membedakan agama dan bangsa.

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal sebagai seorang pekerja seni dengan gelar yang sangat lengkap, Yasin juga mengerjakan projek featuring, penulis lirik, pencipta lagu bersama artis-artis lain, di antaranya Amy Search, Joe Flizzow ex Too Phat, Waheeda (salah satu video clipnya dibuat di Bali), Altimet (search YouTube konser NOAH featuring Altimet), Ramli Rebana, Dato M Daud, Faizal Tahir, Maya Karim dan lain-lain.

Dalam interview akhir Medikom dengan Yasin, ia menyampaikan harapan dan keinginan untuk di tahun 2020 akan membuat projek come back di industri entertain 3 negara serumpun dengan tema lagu yang lebih positif untuk Industri musik. ***

Tag : No Tag

Berita Terkait