Loading

Pers Pilar Keempat Demokrasi, KPU Ciamis Sosialisasikan Pemilu dan Pilkada 2024 kepada Awak Media


Penulis: Herz/Editor: Mbayak Ginting
1 Tahun lalu, Dibaca : 376 kali


Ketua KPU Kabupaten Ciamis Sarno Maulana Rahayu, M.Pd. (tengah batik), Oong Ramdani, S.Pd Kadiv Teknik Penyelenggaraan, Said Atan Jani, S.Sos Kadiv Hukum dan SDM (kanan), Muharam Kurnia Drajat Kadiv S

KAB. CIAMIS, Medikomonline.com - Menjelang Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi terhadap 75 insan pers dari berbagai  media cetak dan elektronik di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Selasa (8/11/2022). Sosialisasi dihadiri dan disampaikan langsung oleh Ketua dan Komisoner KPU Kabupaten Ciamis serta dari praktisi pendidikan hukum dari Universitas Galuh (Unigal) Kabupateni Ciamis.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Sarno Maulana Rahayu mengatakan, sosialisasi Pemilu dan Pilkada terhadap awak media ini dinilai sangat penting mengingat peran media massa saat ini sangat berpengaruh pada seluruh sektor terutama  terhadap kelancaran tahapan Pemilu dan Pilkada kepada maayarakat.

"Insan pers merupakan salah satu pilar demokrasi, oleh sebab itu kami menjalin silaturahmi lebih erat dengan insan pers yang bisa turut mensukseskan tahapan Pemilu 2024 dan Pilkada," ucap Sarno di hadapan awak media.

Sarno Maulana Rahayu berharap, partisipasi masyarakat terhadap Pemilu dan Pilkada dapat meningkat tajam setelah awak media turut gencar mensosialisasikan Pemilu 2024 dan Pilkada.

Sarno menambahkan, pemerintah beserta KPU sudah menetapkan Pemilu tahun 2024 digelar pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada dilaksanakan tanggal 27 Nopember 2024 mendatang. Sementara saat ini KPU baru mencapai tahapan Pendaftaran dan verifikasi calon peserta Pemilu.

"Sosialisasi kepada awak media ini diharapkan bisa menepis berita-berita bohong atau hoaks terkait Pemilu dan Pilkada dengan adanya berita yang faktual dan terpercaya," pungkas Sarno. 


Foto : Puluhan insan pers Ciamis menjadi peserta kegiatan pendidikan pemilih bagi media.

Sementara menurut wartawan dan salah satu peserta, Heru Pramono mengatakan, sosialisasi Pemilu dan Pilkada ini dirasa sangat baik dan penting untuk dilakuian demi bisa memberikan informasi kepada masyarakat nantinya.

"Sosialisasi ini sangat bagus dan diharapkan seluruh rekan media dapat menyampaikannya lagi kepada masyarakat agar terhindar dari disinformasi dan berita hoaks terkait  Pemilu atau Pilkada," ucap Heru yang juga Sekjen Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesai DPC  Kabupaten Ciamis.

Hanya saja ada kritik sedikit untuk KPU. Peranan media ini kita ketahui sebagai penyampai informasi, akan tetapi secara pribadi atau personnya jurnalis itu mereka punya hak memilih nantinya. Nah di sini peranan media harus pandai memposisikan diri dalam mendukung pilihan, jangan sampai perilakunya kentara sekali dalam menggiring atau memilih calon pemimpin. Di sini sebetulnya perlu pemahaman bersama antar insan pers/awak media. Karena ini bagian dari mewujudkan pemilu yang berkualitas,” paparnya.

Hal yang sama disampaikan salah satu peserta yang juga Jurnalis di Ciamis, Iwan yang akrab disapa Awong. Ia mengatakan, selain sosialisasi dengan mengumpulkan awak media, KPU Ciamis juga diharapkan bisa lebih intensif merilis berita tahapan Pemilu dan Pilkada yang kemudian didistribusikan kepada awak media.

"Saya harap sosialisasi tidak hanya dilakukan sekali ini saja, tetapi KPU Ciamis bisa lebih sering berbagi kegiatan tahapan Pemilu dan Pilkada agar berita bisa sering dikonsumsi/tersampaikan kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan partisipasi Pemilu nanti," ujar Iwan. 

Tag : No Tag

Berita Terkait