Loading

Gelar Rapat Perdana, Koperasi Warta Karya Mandiri Milik PWI Hadirkan Terobosan Baru


Penulis: Kuswanto/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 966 kali


Rapat perdana Koperasi Warta Karya Mandiri, Rabu (29/7/20).


BOGOR, Medikomonline.com – Koperasi Warta Karya Mandiri (KWKM) di bawah naungan PWI Kabupaten Bogor menggelar rapat perdana bersama seluruh anggota dan dewan pengawas. Bertempat di Sekretariat Koperasi Warta Karya Mandiri, kantor PWI, gedung Pusdai Lantai 2, Jalan Bersih No 1, Perkantoran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor, Rabu (29/7/20).

Hadir sebanyak 61 dari 73 anggota yang terdaftar. Dalam sambutannya, Effendi Tobing selaku Ketua Koperasi Warta Karya Mandiri menyampaikan capaian selama kurang lebih satu bulan memimpin.

"Saya terpilih sebagai ketua Koperasi pada tanggal 24 Juni 2020 lalu. Dalam menjalankan kepemimpinan saya selama lima tahun, tentunya saya membutuhkan dukungan dan tim untuk bekerja dalam membesarkan KWKM ini, dan saya sudah tunjuk nama-nama pengurusnya. Adapun capaian yang sudah kita gapai salah satunya sewa lahan yang bekerja sama dengan Pemkab Bogor di Desa Hambalang seluas 5 hektar," ujar Tobing sapaan akrabnya.

Masih kata Tobing, dirinya berharap agar semua anggota dapat terlibat dalam membesarkan serta memajukan Koperasi Warta Karya Mandiri.

"Harapan saya agar apapun ide dan masukan dari anggota bisa dituangkan dan disampaikan kepada pengurus. Baik itu usaha dan hal lainnya yang tujuan utamanya adalah ‘Dari kita untuk kita’. Semua harus terlibat dan tidak ada perbedaan di antara kita, mari sama-sama berjuang," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Saiful Kurnia selaku Sekretaris KWKM, mengenai lahan akan dikembangkan untuk pertanian.

"Soal lahan agar kita nantinya sistem bagi hasil dengan siapa saja yang berminat, baik itu anggota atau siapapun yang mau mengembangkannya. Untuk saat ini kita sudah bekerja sama dengan Himpunan Tani Citeureup (HITACI) di bawah komando Pak H Tatang," ujar Saiful.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H Subagiyo mengatakan KWKM sudah menunjukkan hasil kerja nyata. "Tobing dan seluruh pengurus (bidang-red) sudah menunjukkan hasil kerja walau baru 1 bulan memimpin. Salahsatunya lahan di Hambalang dan beberapa usaha di bidang lain yang nanti pasti akan disampaikan pada rapat berikutnya karena belum final," bebernya.

"Saya dan sekjen PWI M Nurofik selalu mendampingi dan memberikan masukan serta suport kepada pengurus KWKM. Jadi saya berharap agar semua anggota Koperasi saling bekerja sama dan mendukung para pengurus," lanjut H Subagiyo yang juga merupakan dewan pengawas KWKM itu.


 Ketua Dewan pengawas KWKM, HRM Danang Donoroso dalam sambutannya mengatakan agar koperasi memikirkan modal awal untuk mengembangkan koperasi. "Bagaimanapun koperasi selain iuran anggota sebagai modal awal harus juga dipikirkan pemodal. Nanti tinggal disepakati bagaimana sistem kerja sama dan bagi hasilnya," katanya.

H Bustanul Daham yang merupakan dewan pengawas KWKM, dengan singkat menjelaskan bahwa koperasi agar besar harus ada kebersamaan baik pengurus dan juga anggota. "Harus ada kesamaan pemikiran untuk membesarkan sebuah organisasi apalagi Koperasi. Mulai dari ketua hingga anggota harus saling memberikan masukan, dan kita selaku pengawas hanya memantau dan memberikan masukan serta pengawasan," jelasnya.

Dalam rapat Koperasi diberikan juga kesempatan H Tatang selaku ketua HITACI memberikan kata sambutan. Ia menyatakan kesiapannya membantu KWKM.

"Saya sangat optimis KWKM akan maju, makanya saya tertarik dan akan memberikan ilmu saya soal pertanian bagi seluruh jajaran koperasi ini. Pertama saya ingin menghijaukan terlebih dahulu sekitar kantor PWI, baru nanti kita bisa bicara keluar soal capaian apa yang ingin kita sampaikan di luar sana," pungkasnya.

Usai menggelar rapat, seluruh anggota dan pengurus KWKM diajarkan oleh H Tatang cara bercocok tanam di belakang kantor PWI. Adapun tanamannya yaitu kangung dan berbagai jenis tanaman herbal.

Adapun susunan pengurus Koperasi Warta Karya Mandiri sebagai berikut:

Dewan Pengawas

Ketua : HRM. Danang Donoroso

Wk. Ketua : H. Bustanul Daham

Anggota : H. Subagiyo

Pengurus

Ketua : Effendi Tobing

Sekretaris : Saiful Kurnia

Wk. Sekretaris : Abdul Manan

Bendahara : Dedi Firdaus

Bidang-bidang

a. Bidang Usaha dan Pengembangan

1. Wiwin Sudarto

2. Rieke Ferra Rotinsulu

b. Bidang Hubungan Antar Lembaga

1. Rohadi

2. Wido Yutrusno

c. Bidang Logistik dan Perlengkapan

1. M. Dauri

2. Edy Murti

3. Zaidarman.

Tag : No Tag

Berita Terkait