Loading

Desa Cadas Ngampar Bangun Jembatan Inong Jampang


Penulis: Kuswanto/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1866 kali


Camat Sukaraja R Aden dan Ketua LPM Didi memantau lokasi pekerjaan Jembatan Inong Jampang.

KABUPATEN BOGOR, Medikomonline.comPemerintah Desa Cadas Ngampar membangun Jembatan Inong Jampang yang berlokasi di Kampung Jampang, RT 007, RW 003, RW 002 Desa Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

 

Pembangunan Jembatan Inong Jampang ini menggunankan Dana Desa Tahap I dan Tahap II. Total anggaran yang dianggarkan untuk pembangunan Jembatan Inong ini sebesar Rp597.540.000, dengan volume pekerjaan panjang 35 m dan lebar 3 meter menggunakan rangka baja besi permanen. Waktu pelaksanaan 60 hari kerja.

 

Tim pelaksana pembangunan, Ketua LPM Desa Cadas Ngampar Didi dibantu oleh staf desa dan Bendahara Desa Peri. Ahli konsultan juga turut membantu tim karena pembangunan jembatan ini memerukan perhitungan dan kajian yang sangat matang, mengingat kalau musim hujan sudah turun, volume air Sungai Cikeas sangat besar.

 

Untuk tim  pekerja pemasangan balok besi pengelasan, semuanya mengunakan orang asli Desa Cadas Ngampar. Pelaksanan pembangunan Jembatan Inong Jampang dimulai pada awal bulan September 2019.

 

Kemudian pada tanggal 30 September 2019, Medikom berkunjung ke Kantor Desa Cadas Ngampar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor dan disambut hangat Bendahara Desa Peri. Ketika berbincang-bincang di ruang kerjanya, Peri mengatakan,  pembangunan Jembatan Inong Jampang menghubungkan dua desa, yaitu antara Desa Cadas Ngampar Kecamatan Sukaraja dan Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang.

 

Peri menambahkan, keberadaan Jembatan Inong Jampang ini sangat penting untuk kebutuhan warga masyarakat, mengingat di ujung Jembatan Inong ini sudah memasuki kawasan wisata dan komersial.

 

Untuk kepentingan pertumbuhan perekonomian masyarakat, banyak mahasiswa dan mahasiswi yang mengekos di Desa Cadas Ngampar. “Banyak pelajar anak SD, SMP dan SMA. Untuk kelancaran transportasi roda dua dan roda empat bisa lewat ke sini,” pungkas Peri.


Di tempat yang terpisah, staf Desa Cadas Ngampar, Ahmad dan Wahyu  mengatakan, pembangunan Jembatan Inong Jampang ini sangat penting dengan melihat keadaan wilayah sudah menjadi tempat wisata dan perkuliahan. Kondisi ini akan memacu perekonomian masyarakat Cadas Ngampar lebih maju dan sejahtera lagi.

Tag : No Tag

Berita Terkait