Loading

Hajat Bumi Cikal Bakal Budaya Gotong Royong


Penulis: Manah Sudarsih/Agus Nuryadin/Editor: Dadan Supardan
3 Tahun lalu, Dibaca : 1128 kali


Kepala Desa Karangmulya Jaka Suteja, Ustad Setempat, bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat melaksanakan syukuran Hajat Bumi, Selasa (1/9/2020). (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

BOJONGMANGU, medikomonline.com – Kegiatan Hajat Bumi yang digelar di Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi merupakan cikal bakal budaya gotong royong di masyarakat pedesaan. Hajat Bumi itu sebagai pestanya rakyat, untuk saling berbagi, bergotong royong, dengan menggelar hiburan. Walaupun di masa pandemi korona, tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga seluruh masyarakat menghadiri baik di sekitar kantor desa maupun di pelosok-pelosok kampung.


Kepala Desa Karangmulya Jaka Suteja bersama staf menyambut kedatangan warga. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

Menurut Kepala Desa Karangmulya Jaka Suteja atau yang akrab disapa Bang Golun, pihak desa selalu mengayomi apa yang diinginkan oleh masyarakatnya, termasuk dihidupkannya kembali pesta rakyat hajat bumi. Ternyata benar masyarakat antusias dalam mengikuti hajat bumi ini. Dimulai dari syukuran terhadap Tuhan Yang Maha Esa (Alloh SWT), dilanjutkan dengan memotong kambing dan makan bersama. Puncaknya adalah hiburan rakyat yang dihibur oleh kesenian Jaipongan asli Bojongmangu yakni Melinda Grup.


Pagelaran seni jaipongan Melinda Grup. (MANAH SUDARSIH/MEDIKOMONLINE.COM)

"Saya tentunya bahagia melihat masyarakat yang hidupnya bertani, yang belum lama ini panen padi, mereka ikut berbaur dengan masyarakat lainnya dan mengucapkan syukur," papar Bang Golun kepada medikomonline.com, Selasa (1/9/2020).

Tokoh Masyarakat H Yanto mengatakan, hajat bumi ini adalah bagian budaya leluhur yang sekarang oleh warga Karangmulya sedang digelar. Dirinya apresiasi dan mendukung kegiatan hajat bumi, apalagi kegiatan ini memperlihatkan tidak adanya batasan antara pemdes dan warganya. Mereka saling berinteraksi, sehingga tumbuhnya kekompakan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

"Saya bangga ternyata di momen ini, adanya rasa saling menghargai dan hormat menghormati, semoga dengan hajat bumi kebersamaan dan gotong royong bisa tumbuh dan berkembang khususnya di Desa Karangmulya," tutupnya.  

Tag : No Tag

Berita Terkait