Loading

Salurkan BLT DD Tepat Waktu, Desa Cimaragas Raih Penghargaan dari Kementerian Desa PDTT


Penulis: Nanang/Editor: Mbayak Ginting
3 Tahun lalu, Dibaca : 890 kali


Kasi PMD Indra Arica menyerahkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Desa PDTT kepada Kepala Desa Cimaragas Suherman di Kantor Desa Cimaragas.

GARUT, Medikomonline.com - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI terus mendorong upaya untuk mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, agar dapat diterima warga yang berhak dan disalurkan dengan cepat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Salah satu upaya yang dilakukan, setelah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran BLT Dana Desa tahap I, maka bagi desa yang telah menuntaskan pendistribusian dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah ditetapkan, diberikan apresiasi dan penghargaan khusus dari Menteri PDTT RI.

Penghargaan itu, diberikan kepada satu desa terbaik di setiap kecamatan dan kabupaten di Indonesia. Untuk di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut diraih oleh Desa Cimaragas, senjutnya Desa Sukarasa dan Desa Sukahurip atas kesuksesan dalam penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama sesuai batas waktu yang ditetapkan.

Piagam penghargaan dari Menteri Abdul Halim Iskandar itu, diserahkan secara simbolis oleh Kasi PMD Indra Arica kepada Kepala Desa Cimaragas Suherman di Kantor  Desa Cimaragas, Selasa, (29/12/2020).

Ketika ditemui di Kantor Desa Cimaragas,  Suherman mengatakan, penghargaan yang diraih Desa Cimaragas tidak terlepas dari peranan Camat Pangatikan yang selalu memberikan arahan serta membinanya.Terutama dalam menentukan usulan warga yang berhak menerima, dengan melakukan kunjungan langsung di lapangan.

Sehingga ketepatan dan kecepatan dalam pendistribusian BLT Dana Desa kepada masyarakat di masa pendemi covid-19 ini, bisa terlaksana dengan baik sesuai ketentuan yang telah ditetapkan,” kata Suherman.

Diketahui pada tanggal 26 Mei 2020, Kementrian Desa PDTT sebelumnya telah memberikan penghargaan kepada Desa Cimaragas Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut yang berhasil meraih penghargaan sebagai desa pertama di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut yang menyalurkan BLT Dana Desa akibat dampak Pandemi COVID-19 kepada masyarakat.

"Penyaluran dan pendistribusian yang dilakukan oleh desa Cimaragas sudah dilakukan secara benar sesuai petunjuk, yaitu secara langsung tunai kepada para KPM yang berhak disekitar wilayahnya dengan syarat tidak ada data penerima yang tumpang tindih,” ujar Suherman  mengakhiri pembicaraan.

Tag : No Tag

Berita Terkait