Loading

Ruatan Bumi di Desa Margahayu Ajang Mempererat Tali Silaturahmi


Penulis: Mala/Editor: Mbayak Ginting
4 Tahun lalu, Dibaca : 1159 kali


Pemerintah Desa Margahayu, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang menggelar Ruatan Bumi. (Foto: Mala)

SUBANG, Medikomonline.com - Pemerintah Desa Margahayu, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang menggelar  Ruatan Bumi, Minggu (13/10/2019). Ruatan ini merupakan pesta rakyat tahunan dalam rangka kearipan lokal.


Dalam acara tersebut, hadir Asda Setda Pemkab Subang Nana Mulyana, Camat Pagaden Barat Deni Setiawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang Aceng Kudus serta Danramil Pagaden.


Ruatan bumi ini merupakan adat istiadat yang selalu dilestarikan oleh petani, terutama ketika musim tanam tiba.


“Alhamdulilah untuk pesta ruatan bumi ini, Desa Margahayu masih tetap guyub untuk melestarikan budaya kearifan local. Ini merupakan adat istiadat yang selalu dijaga kelestariannya ketika musim tanam tiba. Mudah-mudahan pada musim tanam rendeng ini para petani bisa lebih meningkatkan pendapatannya,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang Aceng Kudus.


Camat Pagaden Barat Deni Setiawan mengatakan, tujuan diadakanya Ruatan Bumi ini atau istilah lain Panca Krida Pertanian yaitu: pertama, rasa syukur nikmat kepada Allah atas hasil panen; kedua, membina melestarikan kebudayaan secara adat istiadat; dan ketiga, meningkatkan tali silaturahmi antara sesama warga dalam sebuah kekompakan melalui kegiatan pertanian.


“Ruatan ini pada intinya merawat hubungan manusia dengan manusia serta merawat alam yang ada di sekitar lingkungan kita,” imbuh Deni.


Kepala Desa Margahayu H Main Permana menambahkan, ruatan ini merupakan rasa syukur nikmat yang diberikan kepada masyarakat atas hasil panen. “Dan mudah-mudahan pada musim tanam sekarang, petani Margahayu bisa lebih meningkatkan kembali hasil panennya dan tidak ada gangguan dalam bercocok tanamnya,” pungkasnya. 
 

Ketua BPD Desa Marhayau Badaruddin mengungkapan, "Ruatan Bumi ini digelar untuk mempererat ajang silaturahmi antara masyarakat," ungkapnya. 

Tag : No Tag

Berita Terkait